Gubri Riau Syamsuar Resmikan Proyek Kelistrikan PLTMG dan GI PLN di Riau

Gubri Riau Syamsuar Resmikan Proyek Kelistrikan PLTMG dan GI PLN di Riau
Gubernur Riau (Gubri) Drs.H.Syamsuar, M.Si bersama Direktur Regional Sumatera, Bapak Wiluyo Kusdwiharto, meresmikan sejumlah proyek kelistrikan di Provinsi Riau.

SIAK - Gubernur Riau (Gubri) Drs.H.Syamsuar, M.Si bersama Direktur Regional Sumatera, Bapak Wiluyo Kusdwiharto, meresmikan sejumlah proyek kelistrikan di Provinsi Riau. Kamis (1/8/2019).  Diantaranya yang telah diresmikan oleh gubri diantaranya PLTMG Koto Gasib berkapasitas 25 M.  Lalu, Pembangunan Gardu Induk dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) diantaranya SUTT Dumai - Kawasan Industri Dumai (KID), GI New Garuda Sakti (New) 1 X 30 MVA.

Selanjutnya, Pengoperasian PLTMG Koto Gasib dan Gardu Induk juga ikut diresmikansecara simbolis oleh Gubernur Riau Drs.H.Syamsuar, M.Si bersama Direktur Regional Sumatera, Bapak Wiluyo Kusdwiharto. Dimana tema peresmian ini adalah komitmen PLN dalam mewujudkan Provinsi Riau terang benderang.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau menyampaikan rasa optimis terhadap penyelesaian listrik desa selesai di tahun 2019.

"Dengan semangat dari teman-teman PLN serta dukungan penuh dari kita semua, InsyaAllah saya optimistis desa berlistrik di Provinsi Riau dapat rampung di tahun ini", kata Syamsuar.

PLTMG 25 MW mulai dibangun pada tahun 2012 dengan nama PLTMG 25 MW Rawaminyak, di tahun 2013 selesai pembangunan dan mulai beroperasi tahun 2016 di Rawaminyak. Tahun 2018 PLTMG 25 MW direlokasi ke Kuala Gasib dengan nilai investasi pembangunan kurang lebih sebesar Rp 50 M dan berubah nama menjadi PLTMG Koto Gasib 25 MW dan mulai beroperasi 2019 di bawah kendali PLN Unit Induk Sumatera Bagian Utara.

PLTMG Koto Gasib 25 MW dapat memberikan efisiensi Biaya Pokok Produksi yang semula sistem kelistrikan Kabupaten Siak ini disuplay dari PLTD di Siak dan PLTD Sei Apit sehingga dari substitusi HSD ke Gas dapat menghemat sampai dengan Rp 25 M.

Selain efisiensi biaya pokok produksi, beber dia, dengan hadirnya PLTMG Koto Gasib yang memberikan pasokan listrik di Kabupaten Siak, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan jumlah pelanggan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat, disamping itu juga meningkatkan pertumbuhan di sektor pariwisata serta sektor industri di Kabupaten Siak.

Didukung dengan pembangunan Gardu Induk dan SUTT di Kawasan Industri Dumai (KID) kapasitas 30 MVA yang memberikan suplay kelistrikan ke KID untuk mendorong pertumbuhan industri di Provinsi Riau.

Untuk pembangunan Gardu Induk dan SUTT di Garuda Sakti dengan kapasitas 60 MVA sendiri memberikan pasokan energi listrik ke Kota Pekanbaru sehingga keandalan pasokan listrik terjaga. Pembangunan ini adalah wujud komitmen PLN dalam mengantisipasi pasokan dan keandalan listrik serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan di Provinsi Riau.

Untuk program Listrik Desa sampai dengan semester I tahun 2019, PLN telah menyelesaikan penyambungan di 1.778 desa dengan presentase Rasio Desa 95.64%, sehingga untuk komitmen Provinsi Riau benderang di tahun 2019, PLN harus menyelesaikan 81 desa di tahun ini, sehingga tercapai 100% presentase rasio desa.

Peran PLN dalam melayani pelanggan, mulai dari masyarakat, Pemerintahan dan Instansti lain serta dari golongan Bisnis dan Industri, sehingga dalam merespon tantangan tersebut, Regional Sumatera telah mempersiapkan melalui program Sumatera Hebat (tumbuH, Efisien, kolaBorasi, Andal, unTung). (Adv)

Berita Lainnya

Index