Hilangnya Integritas Pemimpin dan Lunturnya Kepercayaan Rakyat

Hilangnya Integritas Pemimpin dan Lunturnya Kepercayaan Rakyat
Int

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Rasulullah SAW dilarikan ke bumi tidak lain sebagai rahmat bagi sekalian alam. Misi yang dibebankan Allah SWT jelas kepada utusannya jelas, bahwa ketika itu kondisi umat manusia larut dalam kejahiliyah.

Ustaz Syamsuddin dalam khutbahnya menyampaikan, bahwa lahirnya Rasulullah telah menerobos tembok-tembok jahiliyah itu. Rasul berhasil menerobos kebiadaban zaman jahiliyah manusia pada 14 abad silam dan mengeluarkan umatnya dari hukum rimba yang berlaku saat itu.

"Jahiliyah itu memang belum hilang sampai hari ini. Oleh sebab itu kelahiran Rasulullah sejatinya menyadarkan kita sebagai bentuk refleksi terhadap apa tujuan Allah menghadirkan Rasulullah di muka bumi ini," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pola-pola jahiliyah masih berlaku hingga saat ini. Oleh sebab itu tugas umat Islam ialah masuk ke dalam agama Allah secara totalitas. Seluruh unsur kehidupan manusia harus mengacu pada hukum-hukum Allah SWT.

Persoalan bangsa saat ini adalah hilangnya sikap integritas. Sehingga rakyat mengalami krisis kepercayaan karena hilangnya sifat integritas (al-amin) pimpinannya.

Apa yang membuat integritas hilang? Karena tak ada lagi keinginan untuk menjaga amanah yang di berikan Allah dan amanah manusia yang diberikan oleh orang-orang di sekelilingnya. (bertuah)

Berita Lainnya

Index