Riau Masuk 10 Besar Pengangguran Terbesar di Indonesia, Ini Kata DPRD

Riau Masuk 10 Besar Pengangguran Terbesar di Indonesia, Ini Kata DPRD
Husaimi Hamidi

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis jumlah tingkat pengangguran di Indonesia. Pada Agustus 2019 jumlah pengangguran di Indonesia tercatat sebanyak 7,05 juta orang.

Dari data tersebut Banten menjadi provinsi dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 8,11 persen. Sedangkan Provinsi Riau berada di peringkat 10 dengan jumlah penganggurannya sebesar 5,97 persen.

Terkait tingginya angka tingkat pengangguran terbuka di Riau menjadi perhatian DPRD Provinsi Riau. Ketua Komisi III DPRD Riau, Husaimi Hamidi mengatakan bahwa tingkat ini pastinya berkaitan dengan kinerja pemerintah Indonesia dan Pemerintah Provinsi Riau.

"Pengangguran ini berdampak pada kemiskinan. Pemerintahan yang bagus adalah pemerintah yang bisa menekan angka kemiskinan. Ini adalah bukti bahwa kita (pemerintah) masih lemah," kata Husaimi.

Tak hanya itu, salah satu menjadi penyebab tingginya angka kemiskinan di Riau adalah investor yang masuk ke daerah ini belum mampu memberikan porsi yang lebih kepada pekerja lokal.

"Kan presiden mau buka lapangan kerja baru, Nah di sini negoisasi kita kurang. Seharusnya, kalau investor datang, harus ada lobi serius, termasuk di Provinsi Riau. Kedepan harus ada evaluasi ini," tukasnya.

Berikut 10 Provinsi dengan jumlah pengangguran terbanyak hingga Agustus 2019:

1. Banten 8,11 %
2. Jawa Barat 7,99 %
3. Maluku 7,08 %
4. Kepulauan Riau 6,91 %
5. Sulawesi Utara 6,52 %
6. Papua Barat 6,24 %
7. DKI Jakarta 6,22 %
8. Aceh 6,20 %
9. Kalimantan Timur 6,09 %
10. Riau 5,97 %. (ckp)

Berita Lainnya

Index