• Follow Us On : 
Tanoto Foundation Bangun Ekosistem Pendidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Tanoto Foundation Bangun Ekosistem Pendidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah

Tanoto Foundation Bangun Ekosistem Pendidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah

Ahad, 17 November 2019 - 20:09:48 WIB

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan secara berkelanjutan, Tanoto Foundation kembali gelar pelatihan Praktik Baik modul II Manajemen Berbasis Sekolah bagi kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan pengawas mitra School Transition and Empowerment Project (STEP) Tanoto Foundation di Pekanbaru, Minggu (17/11/2019).

Peserta Pelatihan praktik baik management berbasis sekolah modul 2 ini berasal dari 27 sekolah dampingan STEP Project di 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kab Siak, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuansing.

Setiap sekolah mengirimkan 3 orang perwakilanya yang terdiri dari unsur 1 Kepala Sekolah, 1 orang guru dan 1 orang perwakilan komite. Output pelatihan yang ditargetkan ini peserta mampu menunjukan kemajuan di sekolah sebagai dampak pelatihan dan pendampingan dalam penerapan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan sebelumnya.

Kemudian mengetahui cara-cara praktis dalam pengelolaan sumber daya, mampu menerapkan tranparanasi dan akuntabilitas disekolah. Mengenali tahapan kegiatan supervisi pembelajaran, kepala sekolah mengetahui ciri kepala sekolah efektif, dan peserta mampu mengenali sikap dan tindakan yang tidak diinginkan mitra kerjanya.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Indragiri hulu, Kamaruzaman membuka pelatihan tersebut dan mengapresiasi Tanoto Foundation serta berharap program ini dapat ditularkan ke sekolah-sekolah lain yang belum menjadi sekolah mitra.

"Dilapangan sudah bagus, bagaimana yang sudah baik saat ini dirangsang terus, praktik baik ditularkan kepada sekolah-sekolah lain agar mencontoh. Dari mencontoh muncul improvisasi, semoga muncul efek berganda kepada sekolah-sekolah lain yang belum menjadi sekolah mitra tanoto foundation," ujar Kamaruzaman.

Menurut kadis dalam Manajemen Berbasis Sekolah ada keterlibatan unsur kepala sekolah, guru, pengawas, komite, dan masyarakat. Komponen ini harus berperan dalam peningkatan mutu di sekolah, bagaimana peran kepala sekolah dalam menjalin komunikasi dengan pihak lainnya agar peningkatan mutu di sekolah berjalan dengan baik.

Menurutnya, peran harus sesuai dengan tugas masing-masing, masyarakat bisa memberikan dukungan tenaga, moral, hingga dana yang sesuai dengan ketentuan undang-undang, begitu juga dengan dukungan guru, komite karena tidak semua hal bisa dikerjakan oleh sekolah.

"Komunikasi dan transparansi harus dijaga, apa yang dilakukan oleh sekolah harus transparan kepada masyarakat, jika kepercayaan masyarakat muncul pasti akan ada dukungan dari masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Provincial Coordinator perwakilan Provinsi Riau Dendi Satria Buana menjelaskan, Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi independen yang fokus pada pendidikan. Bahwa Pendidikan berkualitas dapat mempercepat kesetaraan perluang.

Untuk mewujudkan itu Tanoto Foundation bekerjasama dengan mitra yang memiliki pemikiran yang sama pada tiga hal yaitu memperbaiki lingkungan belajar mengajar, menciptakan pemimpin masa depan, dan memfasilitasi penelitian medis dan ilmu pengetahuan.

"Melalui program PINTAR (Pengembangan Inovasi dan Kualitas Pembelajaran), kami meningkatkan ekosistem pendidikan melalui pengembangan kapasitas pengawas, kepala sekolah dan guru, serta pendidikan orang tua, dan partisipasi masyarakat," ujar Dendi.

Lingkungan sekolah yang kondusif bisa berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar mengajar berbasis komunitas untuk mendorong keberlanjutan yang baik.

"Kalau kita ingin memajukan pendidikan, meningkatkan performance siswa, ada komitmen yang harus harmonis antara pihak-pihak pelaku pendidikan, kami selalu siap untuk mendukung itu,"ujar Dendi. Dendi berharap setelah mendapat pelatihan modul II ini, perubahan untuk menuju kualitas pembelajaran yang semakin baik bisa dicapai.

Melalui kerjasama dengan penggiat pendidikan harapannya menjadi langkah nyata Pekanbaru dan Tanoto Foundation untuk mempercepat aksi dalam upaya peningkatan mutu kualitas pendidikan di Provinsi Riau. (Src)


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Putus Mata Rantai Penularan COVID-19, Gubri Minta Kabupaten Kota Segara Tetapkan PSBB

Rabu, 22 April 2020 - 23:53:56 WIB

Tuntut Kejelasan Gaji dan Kontrak

Puluhan Sopir Angkutan Sampah Gelar Aksi Unjuk Rasa di Rumah Dinas Wali kota

Senin, 28 Desember 2020 - 21:57:57 WIB

Polda Riau Tangkap Dua Pembawa Kayu Ilegal

Kamis, 04 Februari 2021 - 14:16:51 WIB

Pekanbaru Dapat Tambahan 200 Ribu Jargas dari Kementerian ESDM

Kamis, 09 September 2021 - 14:29:16 WIB

Satgas DPP Masih Temukan PKL Yang Masih Bandel

Selasa, 04 Agustus 2020 - 14:40:41 WIB

Laka Lantas di Bundaran Songket, Pengendara Motor Tewas

Rabu, 23 Desember 2020 - 13:16:37 WIB

BERGABUNG DI SINI