Banjir Landa Sejumlah Desa di Rohul Riau

Banjir Landa Sejumlah Desa di Rohul Riau
Foto di kirim via WhatsApp

SERAMBIRIAU.COM - Sejumlah desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, dilanda banjir. Tim Basarnas dan BPBD kini berada di lokasi banjir guna mengevakuasi warga.

"Tim kita sejak kemarin sudah berada di lokasi banjir di Kecamatan Kuntodarussalam dan Rokan IV Koto di Rohul," kata Kepala Basarnas Pekanbaru Amiruddin kepada wartawan, Senin (25/11/2019).

Amiruddin menjelaskan banjir yang terjadi, selain akibat hujan, merupakan kiriman dari bagian hulu yang masuk ke dua kecamatan tersebut. Banjir sudah dirasakan sejak Minggu (24/11) pukul 03.00.

"Banjir awal ketinggian air dari permukiman warga bervariasi. Ada ketinggian permukaan air 1 meter sampai ada yang 3 meter. Namun kini kondisi air sudah surut," kata Amiruddin.

Walau demikian, sambung Amiruddin, saat ini Desa Planduk, Kecamatan Kunto Darussalam, masih tersolasi. Akses menuju desa masih ada yang tergenang air.

"Tim kita menuju ke desa yang terisolir dengan menggunakan perahu karet. Ini untuk membantu warga yang ada di sana," kata Amiruddin.

Tim Basarnas, BPBD, dan jajaran Polres Rohul, kata Amiruddin, tetap menempatkan personel di sana. Walau air sebagian besar surut, antisipasi banjir akan terulang sehingga tim bersiaga di lokasi.

"Tim gabungan tetap berada di lokasi. Ini dikarenakan intensitas hujan berdasarkan data BMKG masih akan terjadi di sejumlah wilayah di Riau," kata Amiruddin. 

Sumber : Detiknews

Berita Lainnya

Index