Bahan Baku Dollar AS Ternyata dari Pohon Pisang, Asalnya dari Indonesia

Bahan Baku Dollar AS Ternyata dari Pohon Pisang, Asalnya dari Indonesia
Mata Uang USD. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

SERAMBIRIAU.COMUang merupakan kebutuhan pokok yang paling dasar. Dengan uang semua bisa dibeli dengan mudah. Bahan uang dibagi menjadi dua, yaitu uang kertas dan logam.

Pada umumnya, uang logam dibuat dari berbagai mineral yang ditempa sedemikian rupa dengan motif dan bentuk tokoh-tokoh negara beserta nominalnya. Sedangkan uang kertas dibuat dengan bahan baku kapas.

Tetapi berbeda dengan uang dollar AS yang dibuat dari bahan baku pohon pisang. Hal tersebut tentu membuat dollar AS berbeda dari yang lain. Melansir UangIndonesia.com dan berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya:

Dolar dari Serat Pohon Pisang Abaka

Melansir dari UangIndonesia.com, dollar AS ternyata menggunakan bahan baku pohon pisang. Pisang yang yang digunakan ialah jenis pisang abaka. Bagian yang digunakan untuk pembuatan dollar AS yaitu bagian seratnya.

Foto Pohon Pisang Abaka

 /></p>
<p style=

UangIndonesia.com 2019 Merdeka.com

Dilansir dari UangIndonesia.com, tampak pohon abaka yang mirip dengan pohon pisang pada umumnya. Meskipun demikian, tetapi serat pohon pisang abaka memiliki manfaat yang berbeda dari yang lain.

Pisang Abaka Berasal dari Filipina

Pisang abaka merupakan jenis tanaman asli negara Filipina. Pisang Abaka memiliki nama ilmiah Musa textilis. Pisang abaka tumbuh subur di negara Filipina.

Pisang Abaka Tumbuh Subur di Sulut

Tak hanya tumbuh di Filipina, pisang ini juga tumbuh subur di Sulawesi Utara, tepatnya di Desa Esang, Kecamatan Esang, Kabuoaten Kepulauan Talaud.

Selain itu, pisang abaka juga dapat ditemui di kawasan Pegunungan Gampong Suak Buluh, Kecamatan Simeulue Timur, Aceh.

Kualitas dan Kuantitas Prouduksi Pisang Abaka

Kualitas dan kuantitas pisang abaka di Indonesia tak dapat diragukan lagi. Produksi pisang abaka di Talaud menempati urutan terbesar kedua di dunia setelah Filipina.

Tak hanya kuantitas saja, kualitasnya juga menempati urutan kedua. Sedangkan kualitas terbaik pertama masih tetap dipegang oleh negara asal pisang abaka, Filipina.

Serat Pohon Abaka Miliki Banyak Manfaat

Tak hanya sebagai bahan baku dolar AS, serat pisang abaka ini dapat pula dijadikan sebagai bahan utama industri tekstil seperti kain, karpet, dan lainnya.

Selain itu, benda-benda seperti kertas, tisu, kantong teh celup, dan tali kapal raksasa pun dapat dibuat dengan bahan ini.

Sumber : Merdeka.com

Berita Lainnya

Index