Besok Tol Pekanbaru - Dumai Seksi I Resmi Dioperasikan, Gratis Selama Masa Uji Coba

Besok Tol Pekanbaru - Dumai Seksi I Resmi Dioperasikan, Gratis Selama Masa Uji Coba
Besok Tol Pekanbaru - Dumai Seksi I Resmi Dioperasikan, Gratis Selama Masa Uji Coba

PEKANBARU - Tol Pekanbaru - Dumai seksi I sepanjang 13,5 Kilometer resmi dioperasikan, Senin 23 Desember 2019 besok. Pengendara yang akan melewati tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 ini akan masuk melalui pintu masuk Muara Fajar Rumbai dan keluar di Perempatan Perawang.

Uji coba tol Pekanbaru - Dumai seksi I ini akan berlangsung hingga 2 Januari 2020 mendatang. Selama masa uji coba berlangsung, lebih kurang 11 hari (23 Desember 2019 - 2 Januari 2020)  pengendara yang melintasi jalan tol ini akan digratiskan.

"Iya, Mulai tanggal 23 Desember sampai 2 Januari 2020 tol Pekanbaru Dumai seksi 1 akan kita fungsionalkan,"kata Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Muhammad Fauzan, Minggu 22 Desember 2019.

Tol Pekanbaru - Dumai seksi 1 ini dioperasikan mulai pukul 08.00 Wib hingga 16.00 Wib khusus untuk kendaraan golongan 1 atau non bus. Selama tahap ujicoba berlangsung, pihak pengelola tol, kendaraan yang melintas di ruas jalan tol Pekanbaru - Dumai ini masih dibebaskan biayanya alias gratis. 

"Ujicoba ini sekaligus untuk kepentingan natal dan tahun baru. Karena saat natal dan tahun baru itukan lalulintas padat. Jadi kalau tol Pekanbaru -Dumai seksi 1 itu dibuka bisa mengurai kemacetan," kata Fauzan.

Pihak Hutama Karya juga mengaku sudah mempersiapkan fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol. Seperti rambu-rambu dan marka jalan dan armada pelayanan lalulintas.

"Kita sudah siapkan ambulance dan kendaraan patroli untuk armada pelayanan lalulintas," katanya.

Tidak hanya itu, pihak PT Hutama Karya (Persero) juga sudah menyiapkan dua titik pos Polisi lalulintas yang ditempatkan di simpang masuk ringroad KM 19 serta di simpang perawang.

"Sudah kami koordinasikan dengan Polres setempat agar dapat menyiagakan personilnya di masing-masing pos tersebut," ujarnya.

Sementara untuk seksi 2 hingga seksi 6 saat ini terus digesa pembangunannya. Sejauh ini untuk seksi 4 dan 6 sudah tidak ada masalah lagi terkait dengan pembebasan lahanya. Hanya tinggal seksi 3 dan 4 saja yang masih ditemukan sejumlah kendala. Pihaknya menargetkan Maret 2020 proyek pembangunan tol Pekanbaru - Dumai tuntas dikerjakan.

"Maksimal Maret 2020 kita selesaikan, karena ada beberapa ruas yang masih proses pengerjaan," ujarnya. (Sug) 

Berita Lainnya

Index