Yusup Gunawan Pimpin Rutan Dumai, Ini Pesan Kemenkumham Riau

Yusup Gunawan Pimpin Rutan Dumai, Ini Pesan Kemenkumham Riau
Yusup Gunawan Pimpin Rutan Dumai, Ini Pesan Kemenkumham Riau

DUMAI, SERAMBIRIAU.COM –‎ Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (‎Kemenkumham) Kanwil Riau, Hilal, menghadiri acara Serah terima jabatan dan pisah sambut Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas II B Dumai, pada Kamis (16/1/2020).

Pejabat yang lama Rindra Wardhana resmi digantikan oleh Yusup Gunawan untuk memimpin Rutan Kelas II B Dumai.

Kegiatan sertijab ini juga sekaligus pengantar tugas, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Aldino Octalaperta, dan Kepala Sub Seksi pengelolaan, Arian Suswanto.

Pada kegiatan sertijab tersebut juga dihadiri oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, kepala Bea Cukai Fuad Fauzi, dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Divisi Pemasyarakatan ‎Kemenkumham Kanwil Riau, Hilal mengucapkan selamat sukses di tempat tugas yang baru bagi pejabat yang lama, Rindra, dan kepada pejabat baru Yusup, untuk melanjutkan tugas di Rutan kelas II B.

Ia menambahkan, dalam menjalankan tugas pembinaan ada tiga faktor yang mempengaruhi yakni petugas, warga binaan, dan keluarga.

Hilal menerangkan, Petugas lapas harus mampu memberikan arahan dan motivasi ‎serta membina warga binaan ke arah yang lebih baik.

Untuk itulah dirinya mengimbau kepada Petugas, jangan beranggapan bahwa warga binaan adalah narapidana namun anggaplah mereka seperti saudara sendiri.

“Kalau kita beranggapan warga binaan itu saudara kita maka perlakukan serta pendekatan juga akan berbeda, untuk itulah jangan anggap mereka Narapidana tapi anggaplah saudara kita,” pesannya.

Untuk warga binaan, tambahnya, mereka harus mampu berubah menjadi lebih baik, dan harus ada niat dalam diri untuk berubah. Karena percuma saja jika petugas memberikan binaan kalau warga binaan sendiri tidak ada niat untuk berubah.

“Terakhir yakni faktor Keluarga, karena setelah dibina mereka warga binaan akan kembali lagi kepada keluarganya,” imbuhnya.

Dirinya berharap ketiga faktor ini bisa bersinergi dengan baik dalam melakukan pembinaan warga binaan di Rutan kelas II B Dumai.

Masih di tempat yang sama, Rindra berpesan kepada setiap petugas dan pegawai untuk tetap menjaga kekompakan jangan sampai terpecah belah.

“Terima kasih atas semua kerjasama yang telah terjalin semoga dengan pejabat baru bisa semakin kompak lagi,” imbuhnya.

Sementara, Yusup Gunawan yang saat ini resmi menjabat Kepala Rutan Kelas II B Dumai, meminta dukungan dan sinergitas dalam menjalankan tugas- tugas sebagai Karutan.

“Kami mohon diterima di Dumai, dalam menjalankan tugas, kami siap bersinergi,” imbuhnya.

Wakil Walikota D‎umai, Eko Suharjo mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama, Rindra yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kepada pejabat yang baru, Yusup, Wakil Walikota Dumai, mengucapkan selamat datang di Kota Dumai, dan menjalanan tugas sebagai kepala ‎Rutan kelas II B Dumai. (Ckp)

Berita Lainnya

Index