Kadiskes Perintahkan Pegawainya Tinjau Bayi Penderita Bocor Jantung

Kadiskes Perintahkan Pegawainya Tinjau Bayi Penderita Bocor Jantung

PEKANBARU - Terkait bayi usia 8 bulan penderita bocor jantung, Dinara Seprianto, anak pasangan Ferdi Seprianto (25) dan Rina Anggraini (25) yang tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad Pekanbaru, Riau. Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin  mengatakan, hal tersebut merupakan tugas pemerintah yang mesti dituntaskan.

"Sudah saya perintahkan Kabid Pelayanan Kesehatan untuk turun. Itu menjadi bagian dari tugas kita yang mesti kita tuntaskan," ujar Muhammad Amin lewat telefon genggamnya, Kamis (13/2/2020).

Dikatakan Muhammad Amin, disaat dilakukan pengecekan, orang tua bayi malang tersebut terdaftar dalam BPJS Mandiri. Diskes Pekanbaru mengupayakan masuk ke penerima bantuan iuran (PBI) daerah. Dan itu sudah dilakukan oleh Diskes.

"Upaya Kita bagaimana dia mendapatkan Kartu Indonesia Sehat, masuk ke PBI daerah, semalam  kita sudah masukkan ke BPJS yang preminya di bayar oleh daerah, dengan dinas provinsi riau. Semuanya tidak ada persoalan. InsyaAllah dilayani," terang Muhammad Amin yang juga menjabat Kepala Disdakduk KB Kota Pekanbaru.

Muhammad Amin berharap, bagi masyarakat kurang mampu yang belum miliki kartu kesehatan, agar segera mengurusnya, dengan melampirkan surat keterangan miskin dari kelurahan atau kecamatan.

"Kita berharap masyarakat, ketika sakit, jangan baru mengurus kartu. Sekarang ini punya kesempatan, uruslah kartu PBI daerah itu, kalau memang dia miskin, urus surat miskin. Lampirkan surat keterangan lurah dan camat. Nanti direkomendasi oleh Dinas Sosial. Setelah itu baru kita integrasikan melalui aplikasi ke BPJS. Intinya sudah tertangani (bayi penderita bocor jantung,red).

Sebelumnya, kasus bayi bocor jantung (penyakit jantung bawaan lahir) kembali ditemukan di Kota Pekanbaru, tepatnya di Jalan Kasah, Gang Selempayo No. 134, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau. 

Bayi tersebut bernama Kaina Dinara Seprianto, usia 8 bulan, anak dari Ferdi Seprianto (25) dan Rina Anggraini (25). Kini bayi malang tersebut dirawat di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, lantaran muntah darah akibat penyakit yang di deritanya. 

Kaina divonis menderita bocor jantung sejak usianya menginjak 3 bulan. Penyakit ini diketahui setelah kedua orang tuanya curiga dengan pembengkakan di dada anak pertama mereka tersebut. Kondisi perekonomian keluarga bayi penderita bocor jantung terbilang pas-pasan. (***)

 

 

Berita Lainnya

Index