Unik, 10 Buah yang Dinamai seperti Binatang

Unik, 10 Buah yang Dinamai seperti Binatang
int

SERAMBIRIAU.COM - Pitik walik saba kebon (Ayam terbalik berkeliaran di kebun). Anda yang tinggal di Pulau Jawa mungkin pernah mendengar kalimat tersebut. Ini adalah tebak-tebakan yang berarti buah nanas. Buah nanas yang memiliki mahkota daun meruncing dianggap mirip ekor ayam.

Selain nanas, masih ada beberapa jenis buah yang bentuknya dianggap mirip binatang. Sehingga namanya pun disamakan dengan binatang. Ingin tahu apa saja? Berikut ini buah-buahan yang dinamai seperti binatang.

1. Buah Naga

naga

2015 Merdeka.com/shutterstock/Romaset

Buah ini juga dikenal dengan nama pitaya, sejenis dengan pitahaya, pohon kaktus yang bisa menghasilkan buah di Amerika Tengah. Ada juga yang menyebutnya pir stroberi. Namun sejak tahun 1993 lebih populer dengan nama buah naga atau dragon fruit. Nama tersebut diberikan karena kulit buah naga yang menyerupai sisik naga merah.

2. Jambu Monyet

ilustrasi jambu mete

Ada yang menyebutnya jambu monyet, ada pula yang menyebutnya jambu mete. Tanaman dengan nama ilmiah Anacardium occidentale ini menghasilkan buah oranye penghasil kacang mete yang enak itu.

Jambu monyet termasuk tanaman dari suku Anacardiaceae, jadi masih berkerabat dengan mangga. Rasanya asam segar dengan sedikit rasa sepat.

Walaupun disebut buah, bagian berwarna oranye ini sebenarnya adalah buah semu. Jambunya adalah dasar bunga yang mengembang setelah mengalami pembuahan. Sementara buah yang sesungguhnya adalah kacang mete.

3. Kiwi

ilustrasi kiwi

Pixabay/AliceKeyStudio

Nama buah kiwi digunakan sejak tahun 1962, diperkenalkan oleh para petani Selandia Baru untuk meningkatkan minat di pasar luar negeri. Namun nama ini kemudian digunakan secara meluas sejak tahun 1974.

Nama kiwi memang diambil dari burung khas Australia yang tidak bisa terbang itu. Namun uniknya, warga Australia dan Selandia Baru sendiri jarang menyebut buah itu dengan nama kiwi.

4. Lengkeng (Dragon Eye)

ilustrasi lengkeng

Pixabay

Buah lengkeng dalam bahasa Inggris disebut dragon eye atau longan. Namanya diambil dari kata luhng-ngaahn, berasal dari bahasa Mandarin yang berarti mata naga. Jika kulitnya dikupas dan buahnya dibelah, lengkeng memang terlihat seperti bola mata.

5. Salak (Snake Fruit)

ilustrasi salak

Pixabay/inmemo

Bahasa Inggris buah salak adalah snake fruit yang berarti buah ular. Disebut demikian karena kulit buahnya yang keras dan berwarna kecoklatan mirip sisik ular.

6. Simpur (Elephant Apple)

ilustrasi elephant apple

Wikimedia Commons/Hirtes

Dillenia indica atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama simpur adalah tanaman yang daunnya digunakan untuk pembungkus makanan. Buahnya yang berwarna hijau kekuningan dan memiliki rasa asam diklaim bisa mengobati gangguan pencernaan, rematik, hingga leukemia.

7. Kedondong (Hog Plum)

ilustrasi kedondong

Wikimedia Commons/Anagoria

Buah kedondong yang biasa dibuat rujak itu biasa disebut yellow mombin atau hog plum di luar negeri. Tanaman ini asalnya dari negara-negara tropis di benua Amerika, lalu diperkenalkan ke Asia dan Afrika oleh bangsa Portugis. Hog plum sendiri secara harfiah berarti prem babi.

8. Goji Berry (Wolfberry)

berry

Goji berry yang dikenal sebagai super fruit dari China juga dikenal dengan nama wolfberry. Tanaman dari suku terung-terungan ini punya nama ilmiah Lycium barbarum. Nama goji berry sendiri baru mulai digunakan sejak tahun 2000-an, ketika buahnya mulai naik daun sebagai makanan kesehatan.

9. Crab Apple

ilustrasi european crab apple

Wikimedia Commons/H. Zell

Malus sylvestris atau european crab apple adalah varietas buah apel dari Eropa yang banyak dikonsumsi. Secara harfiah namanya berarti apel kepiting dari Eropa. Ciri khas tumbuhannya adalah ranting-ranting yang berduri. Nama Malus sylvestris sendiri secara harfiah berarti apel hutan.

10. Salmonberry

ilustrasi salmonberry

Wikimedia Commons/Ariasnow

Rubus spectabilis adalah tumbuah semak berduri yang masih sekeluarga dengan mawar. Buah yang dihasilkan tanaman ini mirip raspberry dengan warna kuning hingga merah.

Jika menilik rasanya, salmonberry cenderung hambar. Namun buahnya yang matang biasa diolah menjadi selai, permen, jeli, dan anggur.

Penduduk pribumi Amerika menyantap buah ini bersama daging ikan salmon atau telurnya. Akar tanamannya yang masih muda juga bisa disantap. 

Sumber : Merdeka.com

Berita Lainnya

Index