Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Keluarkan Maklumat

Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Keluarkan Maklumat

JAKARTA - Sehubungan dengan adanya musibah berupa wabah virus Covid-19 yang oleh Organisasi  Kesehatan Dunia (WHO) dinyatakan sebagai wabah Global, yang oleh Pemerintah Indonesia melalui gugus tugas percepatan penanganan global Covid-19 telah menyatakan wabah Covid-19 sebagai bencana non-alam.   

Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengeluarkan surat maklumat nomor 1.7/300/1441 tentang Wabah Virus Corona dan menyatakan prihatin dan berbelasungkawa kepada mereka yang meninggal dunia, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan meninggal husnul khotimah.   

"Kepada yang sedang dirawat, semoga segera disembuhkan dan keluarganya diberikan kesabaran," kata Ketua Umum, Sunanto. 

Mengingat penyebaran Covid-19 yang sangat cepat, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menyatakan wabah tersebut sebagai kejadian luar biasa yang harus segera dilakukan pencegahan, tindakan secara sungguh-sungguh, masif, dan terkoordinasi dengan baik. 

 "Pemuda Muhammadiyah mendorong agar pemerintah melibatkan semua pihak untuk bekerjasama, bersinergi dengan disertai langkah sosialisasi kebijakan yang terbuka dan komprehensif," sambungnya. 

Menimbang maklumat PP Muhammadiyah nomor: 02/MLM/1.0/H/2020 tanggal 14 Maret 2020 tentang Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Dengan ini, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menyampaikan maklumat sebagai berikut:   

1. Memberikan dukungan penuh terhadap pemerintah untuk saling membantu dalam menghadapi wabah Corona 19. Dibuktikan dengan keterlibatan kami dalam tim Muhammadiyah (yang dipimpin dr corona) bersama elemen Muhammadiyah lainnya; 

2. Semua kegiatan Pemuda Muhammadiyah baik Pimpinan Pusat, Wilayah, Daerah, Cabang dan Ranting di seluruh Indonesia, yang melibatkan massa banyak seperti pengajian, seminar, pertemuan dan kegiatan sosial agar ditunda pelaksanaanya atau diselenggarakan dengan kegiatannya yang bersifat terbatas dan atau mengunakan teknologi informasi; 

3. Kader Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia agar meningkatkan kebiasaan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan serta mengikuti protokol pencegahan Covid-19 yang dikeluarkan oleh pemerintah; 

4. Kader Pemuda Muhammadiyah hendaknya membatasi bepergian ke tempat dan kegiatan yang beresiko  penularan Covid-19. 

5. Pemuda Muhammadiyah mengimbau kepada seluruh kadernya untuk ikut aktif terlibat dan membantu pemerintah dalam mensosialisasikan mitigasi awal agar tidak tertular virus Covid 19, serta terus memupuk semangat dan optimisme bahwa bangsa ini mampu melewati wabah Covid 19. 

6. Meningkatkan rasa Solidaritas sosial sebagai anak bangsa. Sikap seperti menimbun Masker, hand sanitizer, meraup keuntungan di tengah bencana adalah sikap tidak terpuji. 

7. Memaksimalkan semua ikhtiar bersama untuk mengatasi wabah ini dan berdoa semoga ujian ini dapat dilewati dengan baik, kembali membaik seperti biasanya. (rilis)

Berita Lainnya

Index