Disdik Siapkan Administrasi Pencairan Gaji Guru Bantu

Disdik Siapkan Administrasi Pencairan Gaji Guru Bantu

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru sudah menyiapkan administrasi untuk pencairan gaji guru bantu tahun 2020. Guru bantu ini berjumlah sekitar 299 orang. Mereka tiap bulan diupah Rp2 juta. 

Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, segala syarat yang dibutuhkan untuk pencairan tersebut sudah disiapkan pihaknya. Pencairan masih menunggu transfer dana bantuan keuangan (bankeu) dari Pemerintah Provinsi Riau.

''Jadi sekarang ini kita sedang buatkan pergeseran. Syaratnya sudah, menunggu uang masuk transfer dari provinsi ke BKD," kata Jamal, Rabu (18/3/2020). 

Sumber dana yang akan dibayarkan untuk gaji guru bantu ini adalah dari bankeu Provinsi Riau. Untuk pencairan, baik SK maupun seluruh administrasi yang dibutuhkan sudah dipersiapkan. Para guru bantu akan mendapatkan gaji setelah bulan berjalan.

''Ini kan bekerja dulu, kalau dibayar Maret, dua bulan dulu, kalau sampai April, tiga bulan kita bayarkan,'' terangnya.

Alur dana gaji guru bantu ini dari Pemerintah Provinsi Riau akan diturunkan ke Disdik Kota Pekanbaru. Setelah itu, disdik yang akan menyebarkan ke rekening masing-masing guru penerima.

''Rekening mereka sudah ada di kami,'' imbuhnya.

Di luar gaji guru bantu, kewajiban pembayaran gaji bagi tenaga harian lepas (THL), dan GTT Pemko Pekanbaru sudah dibayarkan.

''Memang yang provinsi agak lambat. Provinsi ini disahkan dulu APBD provinsi, lalu ada pergub baru ditransfer uangnya,  bankeu provinsi bidang pendidikan untuk gaji guru bantu,'' tutupnya. (***)

Berita Lainnya

Index