Warga Pekanbaru

Positif Corona, Rumah Pasien Disemprot Disinfektan

Positif Corona, Rumah Pasien Disemprot Disinfektan
Penyemprotan disinfektan dirumah pasien positif corona

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Setelah sehari diumumkan positif Terjangkit virus Corona, rumah pasien di Pekanbaru disemprot disinfektan tim kesehatan, Kamis (19/3/2020).

Sebelum melakukan penyemprotan, tim medis Pemprov Riau juga menemui keluarga pasien. Setelah meminta izin kepada pemilik rumah, kemudian tim medis menyemprot isi rumah dan lingkungan sekitaran rumah pasien.

“Petugas medis Pemprov dan Pemko Pekanbaru bekerja sama melakukan penyemprotan disinfektan. Sasarannya di kediaman pasien dan rumah tetangga sekitarannya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Mimi menyebutkan, keluarga pasien positif virus corona tersebut, juga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Tim medis juga memeriksa kesehatan para keluarga pasien inisial M itu.

“Setelah kita melakukan observasi dengan bertemu keluarga pasien, kondisi kesehatan keluarga pasien baik-baik saja,” jelas Mimi.

Langkah tersebut diambil sebagai upaya antisipasi untuk mencegah penyebaran virus yang dibawa pasien positip corona tersebut.

Selain keluarganya, kata Mimi teman pasien yang berkomunikasi dengannya juga sedang dilacak.

Bahkan, orang yang duduk berdekatan dengan pasien juga dicari. Pemerintah Provinsi Riau sedang mencari alamat rumah puluhan warga yang menjadi jamaah tabligh akbar di Malaysia.

Para jamaah itu sudah pulang ke Riau beberapa waktu lalu, namun salah satu dari mereka dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

“Kita sedang mencari informasi dan alamat teman-teman dari warga yang positif (Corona) itu. Kita minta bantuan kepolisian dan Kementerian Hukum dan HAM melalui imigrasi,” ujar Sekretaris Daerah Pemprov Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid.

Yan menyebutkan, jika nanti sudah didapat data lengkap alamat rumah para Jemaah tablig akbar itu, tim medis akan mendatangi rumah mereka masing-masing. Itu dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan mereka.

“Dan juga supaya (mereka) tidak menyebar kemana-mana,” tutupnya

Berita Lainnya

Index