Miris, Gara-gara Covid-19 Hanya 30 Bus TMP yang Beroperasi

Miris, Gara-gara Covid-19 Hanya 30 Bus TMP yang Beroperasi
Int

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Wabah virus Corona atau Covid-19 sangat berdampak pada operasional bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Manajemen terpaksa menghentikan lebih dari separuh unit bus.

Direktur PT Sarana Pembangunan Pekanbaru, Heri Susanto mengatakan, total unit bus yang beroperasi biasanya mencapai 75 unit. Sejak wabah virus Corona ini, pihaknya hanya mengoperasikan 30 unit bus saja.

Bahkan pelayanan TMP untuk beberapa rute atau koridor sementara waktu dihentikan. Kebijakan pengurangan operasional bus TMP karena terjadinya penurunan jumlah penumpang bus TMP yang cukup drastis, mencapai 70 persen dari hari biasa.

"Pada hari biasa satu harinya, penumpang bus TMP bisa tembus 12 ribu orang per hari. Tapi kini paling banyak hanya sekitar 2 ribu penumpang per hari," ujar Heri, Senin (6/4/2020).

Heri mengatakan, jika dipaksakan armada bus TMP dioperasikan penuh, akan percuma karena penumpang yang sepi. Selain mengurangi armada, manajemen juga mengurangi waktu operasional bus TMP yang hanya sampai pukul 18.00 Wib. Sebelumnya sampai pukul 21.00 Wib.

"Ada lima rute bus TMP yang ditutup untuk sementara waktu. Rute pelabuhan Sungai Duku-Jalan Sudirman, rute Tribakti-Pujasera Arifin Achmad serta Pujasera-Puskesmas Simpang Tiga. Selanjutnya rute Unilak-Palas dan rute Bandara- Awal Bros," jelasnya.

Adanya pengurangan operasional armada, otomatis juga berdampak pada efisiensi pramugara dan driver. Heri menjelaskan, bahwa pramugara dan driver tidak diberhentikan, namun jam kerja mereka tidak lagi penuh.

"Sebab mereka dibagi dalam 3 kelompok. Di mana kerja satu hari, libur 2 hari, dengan demikian juga praktis gaji yang diterima juga tidak bisa lagi penuh," jelasnya.

Heri berharap permasalahan virus Corona ini bisa segera tuntas sehingga operasional bus TMP juga bisa kembali normal. (Ckp)

Berita Lainnya

Index