Laki - Laki Yang Ditemukan Pingsan di Halte Bus TMP Panam, Positif Corona

Laki - Laki Yang Ditemukan Pingsan di Halte Bus TMP Panam, Positif Corona
Petugas mengevakuasi laki - laki yang Ditemukan Pingsan Di Halte Bus TMP

PEKANBARU - Seorang laki-laki tua yang diperkirakan berusia sekitar 60 tahun, yang sebelumnya ditemukan pingsan di halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) Jalan HR Soebrantas persimpangan Jalan Purwodadi, Panam, Kecamatan Tampan, dinyatakan positif terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi mengatakan, pasien dengan inisial S tersebut merupakan seorang tunawisma yang belum diketahui alamat lengkap atau daerah asalnya.

"Tuan S ini merupakan tunawisma. Kita belum bisa mendapat informasi pasti dari pasien, karena kondisi medis pasien tidak memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan," ucapnya saat memberi keterangan pers, Kamis (7/5/2020) sore.

"Pasien ini sebelumnya ditemukan terlantar di halte bis, di Panam. saat ini dirawat di salah satu rumah sakit swasta. Pasien mulai dirawat tanggal 2 Mei dengan gejala sesak nafas dan penyakit penyerta. Dari tes swab PCR, hasilnya positif covid," ulas Mulyadi.

Dengan dinyatakan positif covid, tim gugus tugas bersama Dinas Kesehatan mulai melakukan penelusuran terhadap kontak pasien, terutama warga dan aparat keamanan yang sebelumnya memberikan pertolongan sebelum tim medis mengevakuasi pasien ke rumah sakit.

"Sekarang yang menjadi perhatian kita, masyarakat dan petugas kepolisian yang kontak erat dengan pasien, baik yang menolong pasien saat ditemukan," ucapnya.

Untuk itu, kepada warga dan petugas yang kontak dengan pasien saat ditemukan pingsan di halte bus TMP, dihimbau segera melakukan pemeriksaan kesehatan ke puskesmas terdekat.

"Kepada warga dan aparat yang sempat menolong, kita minta periksa kesehatan ke puskesmas," himbaunya.

Sebelumnya, seorang laki-laki yang diperkirakan berusia sekitar 60 tahun, ditemukan tergeletak di halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) di Jalan HR Soebrantas persimpangan Jalan Purwodadi pada 2 Mei 2020 lalu.

Kejadian itu sempat menghebohkan warga sekitar dan menjadi tontonan pengendara yang melintas di lokasi kejadian.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Muhammad Amin menyebut, laki-laki tua itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit Aulia untuk mendapatkan perawatan medis.

"Sudah lapor ke pihak kepolisian juga, saat ini di Rumah Sakit Aulia. Karena tidak ditemukan identitas pada pasien tersebut," ungkapnya, Minggu (3/5/2020).

Kejadian itu sempat viral di media sosial. Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, terlihat sejumlah tenaga medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) mengevakuasi korban. Proses evaluasi pun menjadi tontonan warga dan pengguna jalan. (***)

Berita Lainnya

Index