Cegah Penyebaran Covid-19, Gubernur Riau Larang Masyarakat Mudik

Cegah Penyebaran Covid-19, Gubernur Riau Larang Masyarakat Mudik
Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melarang masyarakat Riau melakukan mudik lebaran untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di Provinsi Riau.

"Kami harapkan masyarakat mematuhi larangan mudik. Kami mohon dukungan media agar menyampaikan kepada masyarakat dalam situasi dan kondisi merebaknya virus Corona untuk tidak mudik lebaran," pinta Gubri, Sabtu (09/05/2020).

"Jadi dimana kita berada di situlah kampung kita. Semua itu, untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga kita semua dari virus Corona," katanya.

Selain itu, Gubri juga mengharapkan agar kegiatan mendekati bulan suci Ramadan seperti balimau di tepian sungai ditiadakan.

"Biasanya momen mendekati bulan suci Ramadan masyarakat banyak melakukan balimau kasai di Sungai Siak, Sungai Kampar dan sungai lainnya, saya harap tahun ini supaya ditiadakan," harapnya.

Tak hanya itu, Syamsuar juga meminta kegiatan kenduri atau mendoa selamat dalam menyambut bulan suci Ramadan sebaiknya ditiadakan.

"Sebaiknya mendoa saja di rumah masing-masing. Kalau ingin bersedakah sebaik ke masyarakat miskin dan yatim piatu. Saya kira itu sama juga pahalanya yang kita serahkan ke almarhum yang telah pulang ke Ramahtullah," ungkapnya.

"Termasuk ziarah kubur yang, biasanya ramai-ramai, diganti berdoa saja di rumah masing-masing. Kalau kita orang Islam dimana dan kapanpun kita berdoa Insya Allah diterima oleh Allah SWT," pungkasnya. (Adv)

Berita Lainnya

Index