500 Alat Dipersiapkan Untuk Rapid Test di Dua Titik

500 Alat Dipersiapkan Untuk Rapid Test di Dua Titik

PEKANBARU - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru menggelar rapid test covid-19 secara massal bagi masyararakat, Selasa (12/5/2020). Mereka menggelar rapid test di Kantor Lurah Sialang Munggu.

Ada 500 alat rapid test dipersiapkan dalam tes massal ini. Tim tidak cuma menggelarnya di Kantor Lurah Sialang Munggu.

Mereka juga menggelar rapid tes di Pasar Simpang Baru Panam, Kelurahan Tuah Karya. Pasar memang jadi satu sasaran tempat penyebaran covid-19 yang patut diwaspadai.

"Jadi kita laksanakan di dua lokasi satu di kantor lurah dan satu lagi di pasar," terang Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin, Selasa siang.

Kelurahan itu menjadi sasaran karena ada beberapa kasus positif covid-19. Ia menyebut di kelurahan itu ada lima kasus positif covid-19.

Para pasien yang positif sudah sembuh. Mereka pun mengantisipasi adanya tetangga atau kerabat pasien yang terpapar covid-19. 

"Ada juga yang datang dari luar berpotensi menularkan ke masyarakat, maka kita lakukan rapid test sebagai screening awal dalam menentukan reaktignya terhadap covid-19," paparnya.

Amin menyebut rapid test ini mendeteksi sejak dini kasus covid-19. Apalagi Kecamatan Tampan tergolong zona merah.

Saat tim mendapati adanya warga yang reaktif. Maka bakal dilakukan swab test.

Saat hasil tes itu positif maka pasien langsung menjalani isolasi. Pasien bakal jalani serangkaian perawatan medis hingga sembuh di rumah sakit. (***)

Berita Lainnya

Index