Teknologi

Donal Trump Perpanjang Larangan Dagang untuk Huawei hingga 2021

Donal Trump Perpanjang Larangan Dagang untuk Huawei hingga 2021
Donal Trump Presiden AS (Foto: GenPI.co)

SERAMBIRIAU.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi memperpanjang perintah eksekutif untuk perusahaan-perusahaan China seperti Huawei Technologies Co dan ZTE Corp hingga 2021 mendatang.

Larangan ini mulai disepakati melaui perintah eksekutif yang ditandatangani pada Mei 2019 menyatakan keadaan darurat nasional dan melarang perusahaan AS menggunakan peralatan telekomunikasi yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki risiko keamanan nasional.

Dilansir dari Reuters, Kamis (14/5/2020) perintah itu mengeluarkan Undang-Undang Kekuatan Ekonomi Darurat Internasional, yang memberikan presiden wewenang untuk mengatur perdagangan dalam menanggapi keadaan darurat nasional yang mengancam Amerika Serikat.

Organisasi seperti CTIA, asosiasi perdagangan untuk industri nirkabel, telah menuntut perpanjangan yang lebih permanen karena ketidakpastian keadaan saat ini.

CTIA berpendapat bahwa “keterlibatan yang berkelanjutan dan terbatas dengan Huawei untuk melindungi keamanan peralatan dan perangkat di pasar menguntungkan konsumen Amerika dengan mengurangi risiko bahwa mereka akan dikompromikan dengan perangkat.”

Diketahui, selain pembuat smartphone terbesar kedua, Huawei merupakan perusahaan peralatan telekomunikasi utama yang menyediakan teknologi jaringan 5G. (***)

#Teknologi

Index

Berita Lainnya

Index