Pekanbaru Saat Ini Zona Kuning, PSBB Dinilai Berhasil

Pekanbaru Saat Ini Zona Kuning, PSBB Dinilai Berhasil
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, HM Noer MBs

PEKANBARU - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dinilai berhasil dalam memperlambat dan memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19. 

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Muhammad Noer menyebut salah satu bukti keberhasilan PSBB yang diterapkan Pemko Pekanbaru, menjadikan saat ini Kota Pekanbaru sebagai zona kuning covid-19. 

"Dari merah ke kuning, inilah salah satu keberhasilan pemerintah daerah. Jadi salah satu prestasi yang dilakukan adalah dari PSBB yang dilakukan Pekanbaru. Hari ini (rasio penularan) Kota Pekanbaru masih dibawah 1, dan kita 0,4 dalam perkembangannya (covid-19) sampai saat ini," ujar M Noer, Kamis (4/6/2020). 

Menurutnya, upaya pemerintah dalam memutus penyebaran covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan harus didukung dengan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan itu. 

Noer menyebut, saat ini hanya ada dua Kabupaten Kota yang wilayah nya berstatus zona hijau. Yaitu Kabupaten Rohil dan Kabupaten Kuantan Singingi. 

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah seperti penyemprotan cairan disinfektan, melakukan rapid tes masal, dan berbagai imbauan, Noer berharap kasus covid-19 dapat terus menurun hingga Kota Pekanbaru berstatus zona hijau. 

"Upaya kita tidak pernah berhenti untuk memutus penyebaran covid-19. Kita juga minta dukungan semua pihak dalam upaya ini," tutupnya. (***)

Berita Lainnya

Index