Pelabuhan Sungai Duku Batal Beroperasi Hari ini

Pelabuhan Sungai Duku Batal Beroperasi Hari ini
Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru

PEKANBARU - Pelabuhan sungai duku belum beroperasi, Senin (8/6/2020) hari ini. Disamping pihak pelabuhan menunggu aturan teknis Peraturan Walikota, ada poin-poin yang memberatkan operator kapal untuk melakukan perjalanan transportasi.

“Tanggal 8 Juni ini direncanakan beroperasi, namun belum. karena surat edaran nomor 25 Kementrian Perhubungan mengenai arus mudik telah berakhir. kemungkinan besok” ujar Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku, Etria kepada wartawan, Senin (8/6/2020).

Sebagaimana diketahui, pekan lalu UPT Pelabuhan Sumgai Duku sudah melakukan rapat bersama stakeholder yang ada. Diantaranya, Tim Gugis Tugas, KSOP, KP3, KKP, dan yangg berkepentingan dalam pelaksanaan perjalanan transportasi laut seperti pihak operator kapal.

“Ternyata ada poin-poin yang mereka tidak bisa menjalankan. Yang paling memberatkan dari operator kapal yaitu rapid test,” ungkapnya.

Selain itu, pembatasan penumpang yang tadinya 100 persen sekarang 50 persen juga memberatkan operator kapal. Ia mencontohkan seperti operator kapal Naga Line, kapasitas penumpang sekitar 100 penumpang koni mereka hanya boeh mebawa penumpang 50 persen dari kapasitas.

“Operator mengaku biaya perjalanan mereka tidak tertutupi. untuk saat ini menurut saya penumpang pun tidak ada yang berangkat. seperti saat psbb, penumpang terdata tidak sampai 50 persen,” ungkapnya.

Saat disinggung aturan teknis operasional pelabuhan, ia mengaku masih menunggu harmonisasi Peraturan Walikota (Perwako). Bagaimana teknis pelaksanaan pelayanan di fasilitas umum termasik di pelabuhan

“UPT Pelabuhan siap untuk melaksanakan aturan pola hidup baru,” pungkasnya. (***)

Berita Lainnya

Index