Relawan Covid-19 UNRI Salurkan Bantuan Hazmat dan Face shield di 4 Instansi Kesehatan Pekanbaru

Relawan Covid-19 UNRI Salurkan Bantuan Hazmat dan Face shield di 4 Instansi Kesehatan Pekanbaru
Relawan Covid-19 UNRI salurkan Bantuan Hazmat dan Face shield pada 4 instansi kesehatan di Pekanbaru

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Dalam rangka penanganan penyebaran dan pemutusan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dimasa New Normal Relawan covid-19 UNRI berikan bantuan 65 pcs baju Hazmat serta 25 pcs face shield siap pakai produksi sendiri kepada beberapa instansi kesehatan di pekanbaru, Selasa (23/6/2020).

Beberapa empat lokasi yang dikunjungi relawan yakni Puskesmas Simpang Baru Tampan, Klinik Mercy, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, dan LAB Biopolar RSUD Arifin Achmad.

Penyerahan dilakukan secara serentak diempat lokasi tersebut dan dipantau langsung oleh Prof. Dr. Iwantono, M.Phill selaku ketua Satgas Siaga Bencana Covid-19 UNRI melalui aplikasi meeting Online.

Dalam ceremonial penyerahan bantuan yang disiarkan secara langsung melalui aplikasi meeting online, wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. 

Dalam kesempatan itu Dr. Iwantono, M.Phil menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian nyata UNRI sebagai jantung hati masyarakat Riau dalam merespon pemberlakuan new normal Pekanbaru.

“Apa yang kami lakukan hanya sebagian kecil dari upaya memutus rantai penyebaran virus covid 19 di indonesia yang merupakan hasil sumbangsi dari relawan dan alumni Universitas Riau. Selain itu, yang terpenting adalah instansi kesehatan wajib memberlakukan protokol kesehatan covid-19, seperti mencuci tangan setiap masuk dan keluar rumah sakit/klinik, serta selalu menjaga jarak”, ujar Iwantono.

Selanjutnya, Iwantono berpesan kepada para petugas medis untuk dapat memanfaatkan sebaik mungkin bantuan tersebut nantinya. 

Pihak instansi kesehatan seperti rumah sakit dan klinik juga dapat menghubungi relawan satgas UNRI dalam pengadaan hazmat, jika terdapat memang masih kekurangan atau sangat membutuhkan. 

Christine Situmorang, kepala Tata Usaha sekaligus mewakili pihak Puskesma Simpang Baru Tampan, mengucapkan terimakasih kepada relawan satgas covid 19 UNRI beserta Tim Kukerta Integrasi, yang telah peduli dan merespon cepat kebutuhan rumah sakit dalam menyediakan APD seperti hazmat di masa pandemi ini. 

“Terimakasih kepada satgas covid 19 unri, terimakasih kepada semua relawan dan adik adik kukerta yang telah memberikan bantuan ini, perhatian dan dukungan seperti ini sangat berarti dan sangat kami harapkan untuk memompa semangat kami sebagai tenaga medis yang bertugas di puskesmas ini maupun ditempat lain yang sedang sama sama berjuang melawan virus ini”, ujar Christine.

Pelaksanan kegitan ini dikuti sejumlah relawan dan mahasiswa kuliah kerja nyata (KUKERTA) yang tergabung dalam satgas covid-19 UNRI diantaranya Sosli Jhon David, Dwiki Gusdi Randa, Ayu Mardhotillah, Rizkya Ramadhani, Cindy Pratiwi Suwi dan Ade Yunita. 

Ditempat yang sama, David salah seorang relawan berharap dengan diberikannya alat pelindung diri (APD) dapat membantu para tenaga medis dalam meghadapi virus corona dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya untuk kepentingan bersama. 

Ia juga berharap pandemic ini cepat berlalu agar setiap kegiatan baik apapun itu dapat berjalan normal kembali. (***)

Berita Lainnya

Index