Diskes Riau Support Swab Massal di Inhil untuk Percepat Penanganan COVID-19

Diskes Riau Support Swab Massal di Inhil untuk Percepat Penanganan COVID-19
Ilustrasi

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Wabah COVID-19 sudah masuk di 13 kecamatan di Kabupaten Inhil, Riau dengan total 45 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan bahwa sebelumnya pihak Dinkes Inhil melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau agar bisa dilakukan tes swab massal.

"Kami support dari sisi peralatan dan PCR untuk melakukan pengujian sampel. Sedangkan dari Dinkes Inhil, mereka yang bekerja mengambil sampel kepada masyarakat. Kami berharap dengan cara seperti ini penanganan penyebaran COVID-19 di Inhil bisa lebih cepat selesai," kata Mimi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Inhil Zainal Arifin mengatakan, melonjaknya jumlah kasus positif COVID-19 di Inhil setelah pemerintah setempat berinisiatif melakukan tes swab secara massal.

"Swab massal yang kami lakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Setelah dilakukan swab kepada sekitar 200 orang, maka diketahui ada 45 sampel yang terkonfimasi positif COVID-19. Kami akan terus mengupayakan langkah seperti ini agar lebih cepat bisa mengetahui penyebaran wabah ini," katanya, Jumat, 26 Juni 2020.

Data dari Dinas Kesehatan Inhil, adapun rincian 13 kecamatan tersebut yakni:

1. Tembilahan Kota 5 orang.

2. Tembilahan Hulu 4 orang.

3. Gajah Mada 11 orang.

4. Kuala Lahang 3 orang.

5. Pengalihan Keritang 1 orang.

6. Kuala Enok 5 orang.

7. Kecamatan Sungai Guntung 1 orang.

8. Bekawan 1.

9. Pulau Burung 4 orang.

10. Pelangiran 4 orang.

11. Teluk Balengkong 1 orang.

12. Pulau Kijang 2 orang.

13. Kecamatan Kota Baru 3 orang.

Menurut Zainal, jumlah pasien positif itu kemungkinan akan terus bertambah. Karena hasil tes swab terus dilakukan.

Ratusan orang yang di-swab itu papar Zainal, terdiri dari ODP yang memiliki kaitan erat dengan pasien positif sebelumnya. Hal ini merupakan hasil tracing yang dilakukan pihaknya.

Diantara yang dites itu lanjutnya, hasil kontak pasien positif tenaga kesehatan (Nakes) di RSUD Puri Husada, pasien positif di sel Mapolres Inhil. Kemudian, semua keluarga dekat para pasien positif Covid-19. (MCR)

Berita Lainnya

Index