Tolak Penghapusan Bonus

Ratusan Mitra Driver Gojek Demo di DPRD Pekanbaru

Ratusan Mitra Driver Gojek Demo di DPRD Pekanbaru
Ratusan Mitra Gojek Pekanbaru Geruduk Kantor DPRD Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Kebijakan PT GoJek Indonesia dengan program berkat dan penghapusan bonus berujung pada aksi demo ratusan mitra driver di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada Senin (27/7/2020).

Sayangnya, ratusan mitra driver yang offline untuk mengikuti aksi unjukrasa di Kantor DPRD Kota Pekanbaru siang kemarin, ternyata berdampak negatif bagi pelaku usaha UMKM.

Salah satunya Iqbal, pelaku UMKM kuliner di Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru yang mengaku mengalami penurunan omset akibat demo mitra driver GoJek tersebut.

"Sehari kemarin tak ada orderan masuk, omset jadi turun hampir Rp500 ribu," kata Iqbal, Selasa (28/7/2020)

Seperti yang diketahui, ratusan massa driver Gojek yang menamakan diri Gerakan Gejolak Driver (Geger), Senin 27 Juli mendatangi Kantor DPRD kota Pekanbaru untuk mengadukan kebijakan program berkat dan penghapusan bonus.

Dalam orasinya, Supriadi selaku ketua umum Geger menyampaikan bahwa driver Gojek se-Pekanbaru sangat terpukul dan terpuruk dengan adanya sistem program berkat dan penghapusan bonus.

Selain penghapusan bonus, Supriadi yang meneruskan tuntutan rekan-rekannya ini juga menyampaikan bahwa saat ini pihak Gojek memainkan peran insentif, tetapi mematokkan pendapatan driver sebesar Rp100 ribu dari jam 08.00 hingga 20.00.

"Jika pendapatan tidak mencapai Rp100, maka akan dibulatkan Rp100 ribu. Program Berkat ini tidak membanti driver, malah membuat driver tidak semangat dalam bekerja," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, pihak Gojek mengatakan pihaknya terbuka untuk mendengarkan aspirasi dari berbagai komunitas yang konstruktif dan membangun demi kebaikan bersama.

"Kami telah mengundang perwakilan komunitas ini minggu lalu untuk membahas dan memberikan respon atas permintaan yang disampaikan, namun tidak ditanggapi. Kami juga sudah menyediakan forum diskusi bagi mitra driver yakni melalui program Kopdar yang rutin dilaksanakan," kata Dian L Toruan, Head of Regional Corporate Affairs Gojek Sumbagut. (***)

Berita Lainnya

Index