Balitbang dan Akdemisi Universitas Riau, Kaji Pengembangan IKM Pekanbaru

Balitbang dan Akdemisi Universitas Riau, Kaji Pengembangan IKM Pekanbaru
Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Pekanbaru bekerja sama dengan akademisi dari Universitas Riau sedang melaksanakan kajian tentang industri kecil dan menengah (IKM).

PEKANBARU - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Pekanbaru bekerja sama dengan akademisi dari Universitas Riau sedang melaksanakan kajian tentang industri kecil dan menengah (IKM).

Demikian disampaikan Kabid Ekbang Khairul Amri MSi, pada Rabu (5/8/2020). Didampingi Kasubid Ekonomi, Kasubid Sumber Daya alam dan Lingkungan Hidup dan Kasubid Pengembangan Wilayah Fisik, mereka membahas strategi bagaimana menjadikan IkM Pekanbaru yang berdaya saing nasional.

"Ada sejumlah startegi yang kita diskusikan dengan para akademisi Universitas Riau. Tujuannya, agar produk IKM Pekanbaru bisa menembus pasar nasional," sebut Khairul.

Ia berpendapat, IPTEK para pelaku IKM lokal harus ditingkatkan. Selain itu, penguatan inovasi harus digencarkan, guna mendukung kemandirian dan daya saing yang dimulai dari akar rumput.

Kemudian, membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset IPTEK dalam pencapaian nilai tambah komersil, ekonomi, dan sosial budaya secara berkelanjutan.

"Kita juga mendorong pelaku inovasi agar bisa terpacu mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah sebagai individu maupun melalui kemitraan," pungkasnya. (***)

Berita Lainnya

Index