Grand Launching Aplikasi Teman Sehat, Ini Harapan Wawako

Grand Launching Aplikasi Teman Sehat, Ini Harapan Wawako
Wawako membuka acara Launching Aplikasi Teman Sehat Rabu (19/8/2010)

PEKANBARU - Untuk menghadirkan solusi yang dapat menghidupkan kembali perekonomian Indonesia, khususnya Kota Pekanbaru, ACHIKO resmi meluncurkan aplikasi Teman Sehat, Rabu (19/8/2020).

Sebagaimana diketahui, platform ekosistem digital Teman Sehat dari ACHIKO juga sebelumnya telah resmi menjadi mitra pemerintah Kota Pekanbaru (Pemko) dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit dan Fasilitas Kesehatan, kini telah melengkapi ekosistem digitalnya dengan hadir untuk membantu para pemilik usaha di kota Pekan baru. 

Kali, Teman Sehat menandatangani kerjasama dengan Alam Mayang, Taman Bunga Impian Okura, Kampung Rabbit, Hotel Zuri, Hotel Batiqa, Hotel Amira, Hotel New Holywood, Rumah Pangan Madani, Rumah Sakit Madani, Rumah Sakit Syafira, dan Transmart Carrefour. Hal ini merupakan langkah signifikan, khususnya setelah Pemerintah Kota Pekanbaru mengeluarkan Peraturan Walikota tentang Perilaku Hidup Baru (PHB) beberapa waktu lalu.

Dalam sebuah webinar nasional 13 Agustus lalu, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengungkapkan pertumbuhan ekonomi mengalami krisis hingga mencapai penurunan minus 5 Menghadapi situasi ini, beliau juga menyatakan dua misi utama pemerintah di tengah pandemi Covid-19, yaitu melindungi masyarakat dan menumbuhkan perekonomian.

Menjawab kebutuhan para pelaku usaha untuk tetap produktif selama pandemi ini, Teman Sehat menghadirkan platform pengamanan kesehatan untuk Tempat Usaha dengan fitur utama, Check-in system atau buku tamu digital yang terintegrasi sehingga dapat memvalidasi sertifikat hasil tes Covid-19 dari Fasilitas Kesehatan.

"Rasa aman menjadi kunci utama bagi masyaralkat dan pelaku usaha untuk beraktivitas di masa sekarang. Untuk mengembalikan rasa aman tersebut, tentunya yang dibutuhkan adalah strategi penanganan dan pencegahan tepat sasaran. Sebagai mitra resmi Pemerintah Kota Pekanbaru, platfom Teman Sehat mencakup pengguna dari masyarakat, fasilitas kesehatan, dan mitra bisnis, hingga setiap proses pencegahan, pelacakan, dan penanganan penyebaran virus Covid-19 dapat lebih efektif dan efisien," ungkap Windiaprana Ramelan selaku Head of Operations ACHIKO for Asia.

Pendapat yang sama juga diungkapkan oleh Drs. Riyono Gede Trisoko, MM, pemilik taman hiburan Alam Mayang, ia mengatakan rasa aman bukan hanya dibutuhkan pengunjung, tetapi juga pelaku usaha. Terkadang ada rasa khawatir terjadi cluster baru di tempat usaha karena banyak penderita Covid-19 tanpa gejala. 

"Tetapi dengan adanya aplikasi ekosistem Teman Sehat, pengunjung bisa merasa aman untuk datang ke tempat saya, dan saya beserta tim juga merasa tenang beraktivitas,"ungkapnya.

Terhitung sejak bulan Juli lalu, ACHIKO meluncurkan platform Teman Sehat di Indonesia, Pekanbaru menjadi kota pertama dan mengajak kota-kota lain untuk berkolaborasi dalam menghadapi penyebaran Covid-19 di Indonesia melalui penerapan ekosistem digital Teman Sehat.

"Pada momen istimewa bulan kemerdekaan ini, kami berharap Teman Sehat dapat terus memberikan rasa aman bagi masyarakat dan pelaku usaha di seluruh Indonesia untuk kembali merdeka beraktivitas dan produktif, tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Karena dengan kembali produktif, maka roda perekenomian akan kembali bangkit," jelasnya.

Sementara, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi dalam sambutannya pada Grand Launching Aplikasi Teman Sehat mengatakan dengan adanya peluncuran aplikasi Teman Sehat ini di Kota Pekanbaru dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi.

"Adanya pandemi Covid-19 jangan membuat kita menyerah, kita harus tetap ikhtiar. Dengan adanya aplikasi Teman Sehat setidaknya ini bentuk ikhtiar kita agar terhindar dari wabah tersebut. kita berharap ditengah pandemi saat ini ekonomi bisa bangkit kembali," harapnya. (***)

Berita Lainnya

Index