Disketapang Pekanbaru dengan Menteri Pertanian vidcon Bahas Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal

Disketapang Pekanbaru dengan Menteri Pertanian vidcon Bahas Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal
Suasana Vidcom dengan Kementerian Pertanian RI, di Kantor Diskeptanh Pekanbsru, Rabu (19/8/2020)

PEKANBARU - Dalam rangka mempercepat pengembangan diversifikasi pangan lokal, Kementerian Pertanian RI melaksanakan Gerakan Diversifikasi dan Ekspose UMKM Pangan Lokal. Kegiatan ini serentak dilakukan, melalui media virtual antara pihak Kementerian Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) se-Indonesia.

Video Conference dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang disimak langsung oleh Gubernur, Bupati, Wali Kota dan Kepala Dinas yang menangani ketahanan pangan Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Pemerintah Kota Pekanbaru mendukung penuh kegiatan strategis tersebut, bertempat di Ruang Rapat Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, vidcon dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekenomian Pembangunan Setdako Pekanbaru, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan serta didampingi pejabat terkait lainnya, pada Rabu (19/8/2020).

 

Dalam vidcon tersebut, Mentri Pertanian mengatakan, bahwa gerakan ini adalah upaya pemerintah untuk mendorong ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. Gerakan ini diharapkan mampu mewakili harapan dan kebutuhan seluruh rakyat Indonesia agar ketahanan pangan tetap kokoh, yang memperkuat hadirnya negara yang sejahtera.

 

Dalam kesempatan itu, Alek Kurniawan selaku Kepala Disketapang Pekanbaru, menyebutkan bahwa dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap beras serta menjamin ketersediaan pangan secara mandiri dengan tetap memperhatikan kecukupan gizi untuk mendukung hidup sehat, aktif dan produktif. Ada beberapa aspek yang diperhatikan.

"Kedepan kita akan dukung dengan regulasi yang memadai di tingkat kota Contohnya, nanti kita mintakan kepada Pak Wali Kota ada semacam edaran dari Kepala Daerah tentang himbauan kepada Masyarakat untuk mengkonsumsi pangan lokal non beras dengan menetapkan standar minimal per harinya. Dan kedepan juga kita berharap agar pemanfaatan menu pangan lokal non beras ini juga dimanfaatkan pada rapat pertemuan yang diselenggarakan di Lingkungan Pemko Pekanbaru," papar Alek.

Dengan demikian, kata Alek, pelaku usaha pengolah pangan tersebut juga bergairah dan produktif. Sehingga muncul stimulus baru untuk petani Pekanbaru mandiri. (***)

Berita Lainnya

Index