Wagubri Jalin Silaturrahmi Bersama KBB Provinsi Riau

Wagubri Jalin Silaturrahmi Bersama KBB Provinsi Riau
Wagubri Jalin Silaturrahmi Bersama KBB Provinsi Riau

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Pemerintah Provinsi Riau melalui Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution menjalin silaturahmi dengan Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Provinsi Riau dalam rangka Musyawarah Wilayah ke-2 di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (19/08/2020).

"Tentu atas nama Pemprov Riau, saya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan temu ramah ini bersama Pengurus dan peserta Muswil KBB Provinsi Riau ke-2 tahun 2020 yang dikemas dalam bentuk pertemuan silaturrahmi," ujarnya.

Edy mengatakan, Provinsi Riau negeri melayu bumi lancang kuning memiliki keaneka ragaman adat dan budaya, baik budaya tempatan maupun budaya yang terbangun dari proses asimilasi. Keberagaman ini merupakan anugerah yang Allah SWT berikan. 

"Sebagaimana firman Allah SWT di dalam Alquran Surah Al-Hujurat ayat 13, yang mana firman Allah SWT ini sangat jelas bahwa perbedaan itu bukanlah sebab untuk kita berjarak dan berselisih. Justru perbedaan itu adalah rahmat untuk kita saling kenal mengenal," ungkapnya.

Lanjutnya, jika kita masuk ke dalam aspek yang lebih kecil yaitu Suku Banjar, memiliki berbagai pembagian suku lagi, yang masing-masing suku memiliki spesialisasi keahlian yang menjadi ciri khasnya. 

"Seperti ada yang ahli bertani, ahli berniaga dan jika seluruh potensi ini diraih dalam waktu bersamaan, maka tentu akan memunculkan sebuah peradaban yang maju. Dan itu pula sebabnya Kerajaan Banjar merupakan salah satu kerajaan di bumi Nusantara yang pernah mengalami masa kejayaan emas dimasa lalu," katanya.

Harapnya, karakteristik orang banjar yang agamis dan humanis hendaknya senangtiasa dipertahankan. Serta, kesantunan dan tampilan spritual tidak boleh tergerus oleh zaman.

"Disini peran para Pengurus Wilayah KBB Riau menjadi penetralisir perbedaan menjadi acuan dalam bersikap dan bertindak. Dan sikap tersebut harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (MCR)

Berita Lainnya

Index