KKN Merdeka Umri Ajak Remaja Masjid Lestarikan Lingkungan Hidup di Rw.03 Kelurahan Tuah Madani

KKN Merdeka Umri Ajak Remaja Masjid Lestarikan Lingkungan Hidup di Rw.03 Kelurahan Tuah Madani
KKN Merdeka Umri Ajak Remaja Masjid Jaga dan Lestarikan Lingkungan Hidup, Tanam Bibit Pohon Disekitar Rw.03 Kelurahan Tuah Madani

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Mahasiswa KKN Merdeka Universitas Muhammadiyah Riau menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dengan remaja masjid yang berada dilingkungan Masjid Khairul Anam di Jalan Kubang Raya Gang Istiqomah, kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, (24/8/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para remaja agar lebih memperhatikan bagaimana melestarikan lingkungan di sekitarnya dan upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

KKN Merdeka UMRI kelompok 4 dibagi menjadi 4 tim dengan tiap tim menjalankan program masing-masing di lokasi yang berbeda beda.

Sosialisasi ini dilakukan oleh kelompok 4 tim 1 yang beranggotan 9 orang mahasiswa. Dibantu oleh remaja masjid, tim 1 juga melakukan penanaman bibit di sekitar6 lingkungan RT03, bibit yang ditanam antara lain trembesi dan mahoni, ini juga sebagai upaya dalam pelestarian lingkungan disekitar RT03.

Bibit-bibit tersisa yang buahnya dapat dikonsumsi seperti matoa dan sirsak ditanam di depan masjid serta dibagikan kepada masyarakat di sekitar Masjid Khairul Anam.

Tidak hanya melakukan sosialisasi dan penanaman bibit,Tim 1 ini juga melaksanakan kegiatan-kegiatan bersama dengan remaja masjid dan warga setempat diantaranya gotong royong, muhasabah diri serta mendengarkan kajian bersama di masjid Khairul Anam.

Kegiatan yang dilakukan oleh tim 1 ini juga tetap menjalankan protokol kesehatan, dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan jika dalam keadaan tidak sehat tetap tinggal dirumah.

Kegiatan KKN ini mendapat dukungan dan respon positif dari Ketua RW, Ketua RT , Pengurus Masjid dan Remaja Masjid serta warga sekitar.

Dila Anisyah selaku perwakilan dari remaja masjid menyampaikan bahwa "Sosialisasi yang disampaikan oleh kakak KKN sangat bermanfaat , karena dapat menyadarkan kita bagaimana penting nya pelestarian lingkungan dan keberlangsungan lingkungan tersebut," katanya.

Ia juga menambahkan "melestarikan lingkungan merupakan salah satu cara kita mensyukuri nikmat hidup dan bisa memberi kehidupan yang lebih baik untuk kita," imbuhnya.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta lingkungan terutama dikalangan para remaja, dengan menjaga pohon-pohon, memilah sampah organik dan non organik serta tidak membuang dan membakar lahan sembarangan," tutup Agung selaku koordinator tim 1. (***)

Berita Lainnya

Index