Diskes Anjurkan Keluarga Pasien Positif Swab di Puskesmas

Diskes Anjurkan Keluarga Pasien Positif Swab di Puskesmas
Ilustrasi Swab

PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dikses) Kota Pekanbaru, menganjurkan kepada keluarga pasien positif Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 agar melakukan pengambilan sampel swab ke puskesmas kawasan tempat tinggal.

"Ke puskesmas juga sudah kita instruksikan, ngambilnya (swab) jangan di rumah warga, tapi di puskesmas," ucap Plh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldi, Rabu (26/8/2020).

Sesuai prosedur, kata Zaini, ketika ada warga yang positif terpapar corona, tim kesehatan akan langsung melakukan tracing contact terhadap keluarga pasien bersangkutan.

"Tapi untuk pengambilan swab ini kami anjurkan tetap di puskesmas," ujarnya.

Disampaikan Zaini, pengambilan swab di puskesmas sudah berdasarkan berbagai pertimbangan. Salah satunya untuk menghindari agar keluarga pasien positif tidak dijauhi dan dikucilkan oleh warga tempatan.

"Karena kalau (swab) diambil di rumah tempat tinggal, saat ini warga kita masih ada stigma negatif," ungkapnya.

"Jadi ketika ada yang terkena covid dan informasi sampai ke warga, otomatis warga akan menjauhi rumah dan keluarga tersebut. Dampaknya kan berat bagi keluarga tersebut, makanya kita anjurkan swab di puskesmas saja," tutupnya menambahkan. (***)

Berita Lainnya

Index