Kesehatan

3 Dampak Buruk Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong

3 Dampak Buruk Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong
Ilustrasi

SERAMBIRIAU.COM - Bagi pecinta kopi, nikmatnya minum kopi di pagi hari memang tidak terbantahkan. Kopi biasa diminum saat pagi hari sebelum beraktivitas, karena dipercaya dapat menghilangkan kantuk dan meningkatkan konsentrasi.

Tak sedikit orang langsung minum kopi saat perut kosong. Nyatanya, kebiasaan tersebut tidak dianjurkan karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut ini 3 dampak buruk minum kopi di pagi hari saat perut kosong, seperti dikutip dari Healthyway:
 
 
 

Asam klorida di lambung sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Tetapi, produksi asam klorida berlebihan saat minum kopi dalam kondisi perut kosong membuat pencernaan menjadi terganggu sehingga harus bolak balik ke kamar mandi. Selain itu, bakteri jahat di dalam usus akan memakan protein dan mengeluarkan kentut berbau busuk.

2. Menghilangkan nutrisi

Studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Yokohama di Jepang menemukan bahwa kopi dapat mengosongkan lambung dengan cara mengeluarkan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh. Dengan begitu, minum kopi saat perut kosong akan menyerap vitamin dan mineral dalam tubuh sehingga memungkinkan tubuh kekurangan nutrisi.

3. Kecemasan dan depresi

Kopi dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi, tetapi kopi juga dapat meningkatkan kecemasan dan depresi. Hal ini karena minum kopi dapat meningkatkan kadar hormon stres, seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Kondisi ini akan mengganggu produksi hormon serotonin yang dapat meningkatkan kebahagian dalam diri.


Sumber: Detik.com


 

Berita Lainnya

Index