Dosen Fkip Umri Gelar Pelatihan Pengembangan Konten E-learning di Sekolah Mitra

Dosen Fkip Umri Gelar Pelatihan Pengembangan Konten E-learning di Sekolah Mitra
Tim dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melakukan kegiatan knowlage sharing yang dikemas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, pada Jumat (11/9/2020).

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Tim dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melakukan kegiatan knowlage sharing yang dikemas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, pada Jumat (11/9/2020).

Tujuan dari kegiatan ini yaitu membantu kepada guru-guru disekolah SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru dalam melakukan optimalisasi pembelajaran melalui daring.

Ketua kegiatan Edi Ismanto, ST, M.Kom menyampaikan bahwa program ini merupakan dukungan dari kemenristekdikti atas bantuan hibah dalam bentuk Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) 

"Alhamdulillah kita bisa melaksanakan kegiatan ini guna membantu guru-guru kita disekolah dalam menambah wawasan untuk melaksanakan pembelajaran daring melalaui media e-learning yang kita kembangkan, ini sangat membantu pada saat kondisi seperti ini bahwa pembelajaran disekolah harus melaksanakan pembelajaran daring karena kondisi covid-19," ujarnya.

Selain itu kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru Defi Warman, S.Pd, MM dalam membuka acara mengucapkan terimakasih kepada Tim teman-teman dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Riau yang telah memilih SMP Muhammadiyah 1 untuk melaksanakan kegiatan pengabdian.

"Ini bentul-betul sangat membantu menambah pengetahuan penggunaan teknologi bagi guru-guru kami disekolah," katanya.

Kegiatan ini sangat antusias diikuti oleh seluruh guru-guru di SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru, SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru, SMP Muhammadiyah 5 Pekanbaru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan agar tetap terhidar dari penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan ini terbagi menjadi tiga sesi, sesi pertama membahas topik persepektif pembelajaran daring bagi tenaga pendidik dan peserta didik yang disampaikan oleh Melly Novalia, S.Kom, M.Pd. 

Kemudian sesi topik penyusunan konten materi bahan ajar yang kreatif dengan pendekatan pembelajaran daring yang disampaikan oleh Siti Niah, S.Pd, M.Pd.

Selanjutnya sesi terakhir  dengan topik mengupas aplikasi E-learning moodle untuk meningkatkan proses pembelajaran daring yang di paparkan oleh Edi Ismanto, ST, M.Kom.

Dipenghujung acara, dilakukan group discussion antara peserta dan narasumber, mencoba dan mempraktekkan hal-hal yang dijelaskan oleh pemateri.

Terlihat juga kegiatan ini dibantu oleh beberapa mahasiswa dari program studi di FKIP Universitas Muhammadiyah Riau untuk membimbing guru-guru dalam praktek pembuatan konten pembelajaran online yang paparkan.

Acara ini ditutup dengan foto bersama antara tim kegiatan dan para peserta pelatihan. (***)

Berita Lainnya

Index