Saat PSBM OTG Tidak Bisa Isolasi Mandiri di Rumah

Saat PSBM OTG Tidak Bisa Isolasi Mandiri di Rumah
Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT

PEKANBARU - Pasien positif corona tanpa gejala tak boleh lagi menjalani isolasi mandiri di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBB). Para pasien OTG harus menjalani perawatan di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa).

Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT, mengatakan, PSBM ditetapkan di Kecamatan Tampan mulai malam ini. Dasar PSBM ini adalah Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor 160 tentang Pedoman PSBM di Wilayah Tertentu dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Dalam perwako itu, kami mengajak masyarakat mengamalkan 4 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," ujarnya, pada Selasa (15/9/2020).

Dalam mengawasi 4 M itu, tugas pemerintah adalah melaksanakan 3 T. T yang pertama yakni test. 

"Pemerintah melakukan swab test atau rapid test kepada masyarakat baik secara massal maupun bergejala. Bila ada yang positif, maka ditelusuri kontak-kontak erat dari yang tertular tadi," jelas Firdaus.

selanjutnya yaitu treatment (mengobati dan merawat yang sudah tertular). Pengobatan ini dilakukan dengan dua cara.

"Pertama, yang tertular dengan kategori berbahaya atau tinggi. Artinya, dia telah sakit dan membutuhkan perawatan di rumah sakit. Pasien ini wajib di rumah sakit," ucap Firdaus.

Kedua, penularan ringan dan sedang. Pasien ini jenis OTG.

"Dia positif corona tapi imunitasnya tinggi. Pasien yang seperti ini mesti diisolasi," sebut Firdaus.

Kalau tidak diisolasi, pasien OTG ini akan menularkan kepada keluarga dekat, teman dekat, dan kontak erat. Oleh sebab itu, memutus mata rantai virus corona dilakukan dengan isolasi. 

Kalau masa transisi PSBB dulu, pasien OTG boleh menjalani isolasi mandiri di rumah. Praktiknya, banyak pasien OTG yang tidak disiplin. 

"Maka dalam wilayah PSBM tidak ada isolasi mandiri di rumah. Tapi kami sediakan tempat isolasi yang telah disiapkan di Rusunawa Rejosari. Pelaksanaan dan pengawasan dan juga dukungan oleh tim Satgas Covid-19 Riau di bawah komando gubernur Riau," papar Firdaus. (***)

Berita Lainnya

Index