KLHK Verifikasi Lokasi Proklim Kelurahan Tobek Godang

KLHK Verifikasi Lokasi Proklim Kelurahan Tobek Godang
Kepala DLHK Pekanbaru Agus Pramono dan jajaran, saat mengikuti verifikasi Proklim Kelurahan Tobek Godang secara live streaming, Selasa (15/9/2020).

PEKANBARU - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melakukan verifikasi terhadap lokasi Program Kampung Iklim (Proklim) yang diusulkan Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.

"Lokasi yang kita usulkan dalam Proklim ini RW 01, itu yang diverifikasi," kata Lurah Tobek Godang Yasir Arafat, Rabu (16/8/2020).

Verifikasi sendiri, disampaikannya berlangsung secara live streaming antara tim verifikasi KLHK dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim Karhutla Wilayah Sumatera Heri Mulyono dan Maralo bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Selasa (15/9/2020).

"Dari pemerintah kota, verifikasi diikuti Kepala DLHK Bapak Agus Pramono didampingi Kepala Bidang Tata Lingkungan Ibu Rima Septisia, Kasi Konsevasi Perubahan Iklim dan Kerusakan Lingkungan Ibu Naimah dan saya sendiri," sebut Yasir.

Berdasarkan hasil verifikasi itu, tim KLHK menilai persiapan Kelurahan Tobek Godang menuju Proklim 2020 sudah bagus.

"Tanggapan Pak Heri (tim verifikasi), Alhamdulillah persiapan kita sudah bagus. Sub streaming kita diakuinya, walaupun di tingkat perkotaan," ucap Yasir.

Saat ini, terang dia, pihak kelurahan hanya tinggal mensinkronkan titik koordinat Proklim. 

"Karena di google, titik koordinat kita masih tercatat di Kelurahan Delima. Jadi nanti kita buat laporan bahwa Tobek Godang merupakan wilayah pemekaran dari Kelurahan Delima. Hanya tingggal itu saja lagi," tutupnya.

Untuk diketahui, Kelurahan Tobek Godang merupakan satu-satunya kelurahan di Kota Pekanbaru yang masuk nominasi Proklim tahun 2020 Kementerian LHK.

Proklim merupakan program berlingkup nasional yang dikelola secara langsung oleh Kementerian LHK dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. (***)

Berita Lainnya

Index