Diskominfotik Pekanbaru Siap Luncurkan Empat Aplikasi Baru Untuk Penangangan Covid-19

Diskominfotik Pekanbaru Siap Luncurkan Empat Aplikasi Baru Untuk Penangangan Covid-19
Kepala Diskominfotik Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra

PEKANBARU - Diskominfotik Pekanbaru segera meluncurkan tiga aplikasi baru dan satu pembaharuan aplikasi lama untuk membantu menangani covid-19 di Kota Pekanbaru. Hal ini diinformasikan Firmansyah Eka Putra selaku Kepala Diskominfotik Pekanbaru, pada Selasa (29/9/2020). 

Pertama adalah aplikasi monitoring pasien isolasi mandiri. Tujuannya untuk mengawasi dan memantau pasien orang tanpa gejala (otg) positif covid-19 yang sedang melaksanakan isolasi mandiri dirumah masing - masing. "Sehingga pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri terdata dan terpantau melalui aplikasi ini," tambah Eka. 

Aplikasi kedua yakni, data base hasil pengujian covid, aplikasi ini akan terintegrasi Rumah Sakit, Puskesmas dan tempat pelayanan kesehatan lainnya yang ada di Kota Pekanbaru. "Jadi hasil swab tidak ada yang dimanipulasi lagi datanya. Nantinya akan diterbitkan juga secara digital sertifikat hasil swab. Ini bisa langsung bisa divalidasi langsung secara online,"jelas Eka sapaan akrab Kadis Kominfotik.

Untuk yang ketiga, ada aplikasi aplikasi waspada covid-19. Aplikasi ini bertujuan melindungi orang yang sehat. "Jika ada pasien positif covid-19 disekitar kita akan ada notifikasi dari aplikasi tersebut. Sehingga kita bisa menghindar untuk memutus penyebaran virus ini," ulasnya.

Terkahir, ada pembaharuan untuk aplikasi e-tibun. Tujuannya mempermudah menegakan aturan protokol kesehatan. Aplikasi ini terkoneksi dengan sistem pelayanan umum yang ada di Kota Pekanbaru. "Jadi jika ada pelanggar protokol kesehatan si Pekanbaru, wajahnya akan di posting di aplikasi ini. Selain itu para pelanggar tidak dapat dilayani urusan adminstrasinya," jelasnya.

Setelah dilaunching Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT, apkikasi ini langsung dioperasikan. "Saat ini kita segera lakukan sosialisasi ke masyarakat dan menggelar pelatihan - pelatihan untuk sumber daya manusianya," pungkasnya. (***)

Berita Lainnya

Index