108 Ekor Hewan Peliharaan Divaksin Rabies Pada Hari Rabies Sedunia

108 Ekor Hewan Peliharaan Divaksin Rabies Pada Hari Rabies Sedunia
ilustrasi

PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Pekanbaru mencatat sudah 108 ekor hewan peliharaan sepetti kucing dan anjing di vaksinasi rabies pada peringatan World Rabies Day (peringatan hari rabkes sedunia,red), pada Senin (28/9/2020) kemarin.

"108 ekor hewan peliharaan itu terdiri dari anjing 10 ekor dan kucing 98 ekor," ujar Kabid Peternakan Distankan Pekanbaru Herlandria, pada Kamis (1/10/2020).

Ia mengatakan Distankan selama ini rutin melakukan vaksinisasi rabies gratis untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

"Selama ini kami rutin melakukan vaksinasi rabies dengan secara door to door. Dan tidak mengalami kendala. Tetapi karena kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, di dalam melakukan vaksinasi rabies kami selalu menerapkan protokol Covid-19 seperti menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dan lain-lain,," paparnya.

Bahkan, ia juga menyarankan dan juga mengimbau bagi masyarakat yang ingin ingin melakukan vaksinasi hewan peliharaannya bisa langsung datang ke  Distankan Pekanbaru. Vaksinasi rabies tidak dipungut biaya.  

Ditambahkannya, untuk diketahui vaksinasi rabies yang diberikan kepada hewan peliharaan itu masa aktifnya hanya  selama 1 tahun. Untuk itu, di tahun berikutnya harus kembali dilakukan vaksin.

'Kami berharap kepada masyarakat agar lebih fokus dalam memperhatikan hewan peliharaan dengan selalu rutin melakukan vaksinasi rabies setiap tahunnya. Pasalnya, vaksinasi rabies yang diberikan atau disuntikkan kepada hewan peliharaan itu masa aktifnya hanya satu tahun. Artinya, tahun berikutnya hewan tersebut harus kembali diberikan vaksinasi rabies," imbaunya. (***)

Berita Lainnya

Index