Jargas, Danau Bandar Kayangan, dan KIT Dalam Proses Pengembangan

Jargas, Danau Bandar Kayangan, dan KIT Dalam Proses Pengembangan
Asisten II Setdako Pekanbaru, El Syabrina

PEKANBARU - Tiga jenis usaha masih dalam proses pengembangan perusahaan daerah milik Pemko Pekanbaru yaitu PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP). Tiga jenis usaha tersebut adalah jaringan gas (jargas), tempat wisata Danau Bandar Kayangan, dan Kawasan Industri Tenayan (KIT).

"Dari tiga usaha yang sedang dijalankan masih dalam proses pengembangan," kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota El Syabrina, pada Senin (9/11/2020).

Jaringan gas untuk tahun 2020 berjumlah 5.077 Sambungan Rumah (SR). Sehingga, total SR saat ini berjumlah 12.060.

"Diperkirakan 2024 nanti, kami akan memperoleh 20.000 SR baru. Hal ini sudah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN,red) 2020-2024 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020," sebut El Syabrina

Pengelolaan Danau Bandar Kayangan baru dimulai dua bulan lalu, tepatnya pada September 2020 lalu. Saat ini, tempat wisata tersebut sedang berbenah dan pengembangan.

"Dalam dua bulan terakhir, pasca dikelola PT SPP, semakin banyak jumlah kunjungan ke tempat wisata Danau Bandar Kayangan. Saat ini, PT SPP fokus menambah jumlah sarana dan prasarana serta spot-spot baru di kawasan Danau Bandar Kayangan. Sehingga semakin menarik minat masyarakat berkunjung," ungkap El Syabrina.

Sementara itu, KIT sudah masuk dalam RPJMN 2020-2024 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020. KIT ditetapkan sebagai kawasan prioritas pengembangan industri nasional. 

"Saat ini, salah satu klasternya ini tengah diusulkan menjadi kawasan industri halal nasional serta dalam proses masuk ke dalam program pemulihan ekonomi nasional," pungkasnya. (***)

Berita Lainnya

Index