• Follow Us On : 
Wawako Bersama Disketapang Serahkan Bantuan Bibit Kepada Kelompok Tani Binaan Lanud Roesmin Nurjadin Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi didampingi Kadis Ketapang Alek Kurniawan MSi menyerahkan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang), Senin (14/12/2020) kembali menyerahkan bantuan pertanian berupa bibit tanaman, ternak dan naungan besert

Kembangkan Kawasan Kamapan

Wawako Bersama Disketapang Serahkan Bantuan Bibit Kepada Kelompok Tani Binaan Lanud Roesmin Nurjadin

Senin, 14 Desember 2020 - 15:07:57 WIB

PEKANBARU – Dalam rangka pengembangan Kawasan Mandiri Pangan (KAMAPAN) yang memadai, Pemerintah Kota Pekanbaru, melalui Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang), Senin (14/12/2020) kembali menyerahkan bantuan pertanian berupa bibit tanaman, ternak dan naungan beserta belanja pendukung lainnya kepada kelompok tani Mustang I binaan Lanud Roesdin Nurjadin Pekanbaru.

Acara dihelat dalam Kawasan Lanud Roesmin Nurjadin yang dihadiri langsung oleh Komandan Marsma TNI Ronny Irianto, ST, MM, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, S.Si, Kadis Ketapang Alek Kurniawan, SP, M.Si, Dinas Pertanian dan Perikanan beserta perwakilan dari Kecamatan Marpoyan Damai dihadapan Anggota KT. Mustang I.

Ket Foto : Komandan Marsma TNI Ronny Irianto, ST, MM, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, S.Si dan Kadis Ketapang Alek Kurniawan, SP, M.Si saat menuju lokasi Kelompok Tani Musatang I 

Dalam sambutannya Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, SSi menyampaikan apresiasi atas keberadaan Kelompok Tani dalam binaan Lanud Roesmin Nurjadin.

"Atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru, kami mengapresiasi kehadiran Kelompok Tani mustang yang merupakan binaan dari lanud roesmin nurjadin yang ikut berkontibusi dalam mewujudkan tujuan mulia ketahanan pangan di kota pekanbaru ini,"ujar Wawako

Dia juga berharap kepada petani yang menerima bantuan dapat memanfaatkan stimulus tersebut sehingga dapat mendapatkan hasil panen yang layak dalam meningkatkan kemampuan, pendapatan dan kesejahteraan seluruh anggota kelompok tani dalam melakukan usaha pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru menyampaikan bahwa TNI memang sudah sejak lama menunjukkan kontribusi aktif dan positifnya dalam membantu ketahanan pangan nasional. Dia mencotohkan keterlibatan militer dalam pangan sudah dilakukan sejak dekade 1960-an, saat TNI memberikan kontribusi besarnya dalam proyek green revolution. Lalu MOU antara TNI dan Kementerian pertanian pada 2015 beserta langkah startegis lainnya terutama saat ini dalam masa pandemic covid-19.

Stimulus bantuan yang diserahkan hari ini merupakan salah satu upaya dalam menjaga ketersedian dan kerawanan pangan dalam masa pandemic covid-19. Hingga saat ini belum ada yang dapat memprediksi kapan covid-19 akan selesai. akibatnya, dikhawatirkan akan terjadi kelangkaan produk pertanian ke depannya. Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada komunitas tani, kelompok wanita tani dan komunitas pelaku usaha pangan dalam rangka menjamin ketahanan pangan di kota pekanbaru.

"Pemerintah Kota melalui Dinas Ketahanan Pangan akan terus semangat memberikan dorongan kepada kelompok dan kegiatan pertanian untuk lebih berkarya dan kreatif," ujar Alek

Komandan Lanud Roesmin Nujadin, Komandan Marsma TNI Ronny Irianto, ST, MM menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Pekanbaru atas perkenaan kehadiran Wakil Walikota dan jajaran dalam penyerahan stimulus bantuan dan berharap Kelompok Tani binaannya dapat memanfaatkan secara optimal. Selanjutnya dia menyampaikan bahwa TNI selalu menjadi bagian dari pelaksanaan program-program strategis Pemerintah salah satunya saat ini dalam mewujudkan Ketahanan Pangan yang memadai.

"Perlu kami sampaikan juga kepada Pak Wawako bahwa disini ada 3 Kelompok Tani yaitu Mustang I, II dan III. Yang dibantu saat ini adalah KT Mustang I. Kami juga berharap Mustang II dan III kedepannya juga mendapatkan hal yang sama,"ujar Komandan sambil berseloroh yang disambut tepuk tangan dari para anggota Kelompok Tani yang hadir.

Kegiatan hari ini dilabeli dengan ‘stimulus bantuan pertanian Kegiatan Pengembangan Kawasan Mandiri Pangan’. Kawasan mandiri pangan adalah kawasan yang dibangun dengan melibatkan keterwakilan masyarakat dalam rangka meningkatkan pengelolaan kelembagaan masyarakat untuk ketahanan pangan masyarakat. Output kegiatan saat ini berupa pemberian bibit tanaman , bibit ternak, infrastruktur dan belanja pendukung kegiatan penumbuhan terhadap kelompok tani (KT). Pengucuran bantuan melaui kegiatan kamapan ini merupakan pemanfaatan dana insentif daerah tambahan kota pekanbaru tahun 2020. Jumlah penerima manfaatnya untuk tahun ini adalah sebanyak 15 kelompok tani yang salah satunya adalah kelompok tani mustang I. Adapun paket bantuanya terdiri dari: naungan/ rumah bibit, bibit tanaman, bibit ayam buras, kandang dan pakan, bibit lele, kolam bioflog dan pakan, beserta paket pendukung seperti pupuk dan belanja pendukung pertanian lainnya.

Acara diakhiri dengan kunjungan bersama antara Danlanud, Wawako dan Kadis Ketapang ke lahan-lahan petani mustang dalam Kawasan Lanud Roesdin Nurjadin. (Advetorial)


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Terima 81 CPNS Lulusan IPDN, Ini Pesan Gubernur Riau

Kamis, 19 Juli 2018 - 20:10:52 WIB

Satpol PP Pekanbaru Bakal Patroli Saat Malam Tahun Baru

Jumat, 27 Desember 2019 - 10:23:26 WIB

10 Tokoh Riau Besok Jalani Vaksinasi di Aula RSUD Arifin Achmad Pekanbaru

Rabu, 13 Januari 2021 - 13:18:11 WIB

Info Mudik

Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Turun 32 Persen, Ini Penyebabnya

Selasa, 28 Mei 2019 - 11:32:09 WIB

Wawako Resmikan Bank Sampah Green Selatan

Selasa, 25 Januari 2022 - 19:27:15 WIB

Kecamatan Bukit Raya Juara Umum MTQ ke-54 Tingkat Kota Pekanbaru

Kamis, 17 Maret 2022 - 11:01:51 WIB

BERGABUNG DI SINI