Hanyat Lewat Pesan WhastApp

Kadis DLHK Beberkan Alasan Tak Perpanjang Ratusan THL-nya

Kadis DLHK Beberkan Alasan Tak Perpanjang Ratusan THL-nya
Kepala DLHK Kota Pekanbaru Agus Pramono

PEKANBARU Ratusan Tenaga Harian
Lepas (THL) di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru harus kehilangan pekerjaan di tahun 2021 karena kontraknya tidak diperpanjang oleh Kepala DLHK, Agus Pramono. Pemberitahuan ini, disampaikan langsung Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Agus Pramono melalui pesan WhatsApp, Jumat (1/1/2021) Pukul 00.14 WIB.

Saat dikonfirmasi, mantan Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru ini tidak membantahnya.

"Iya benar. Intinya kami tidak memperpanjang. Ada sebanyak 318 orang THL yang kami berhentikan. Mereka ada yang di Penegakan Hukum (Gakkum) dan Retribusi. Mereka yang sudah menerima Surat Peringatan (SP) dan sudah berusia 58 tahun," kata Agus.

Dijelaskan Agus lagi, bahwa dari perjanjian kerja, Dinas mengkontrak tenaga kebersihan itu pertahun, artinya, mulai 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2020. "Otomatis mereka itu berhenti. Biar tak ada kesalahan administrasi, maka kami berhentikan di tanggal 1 Januari,"imbuhnya.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) tahun 1987 ini mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi, kinerja Gakkum di DLHK Kota Pekanbaru tidaklah efektif.

"120 Gakum yang kami berhentikan ini jumlahnya terlalu banyak dan tidak efektif.  Saya rasa tidak perlu memakai mereka lagi dan cukup ASN saja yang bekerja. Soal penegakan hukum di lapangan kita bisa kerjasamakan dengan Satpol-PP karena disana penegak Peraturan Daerah (Perda)nya," tegas Agus.

Sementara alasan Agus memberhentikan tenaga THL Retribusi dirinya beralasan akan mengkerjasamakan dengan Forum RT/RW di Kota Pekanbaru. 'Untuk 146 THL di retribusi juga tidak efektif. Kedepan kita akan buat UPTD Dinas di Kecamatan dan bekerjasama dengan Forum RT/RW untuk memungut retribusi sampah ke masyarakat,"ujarnya.

Saat disinggung langkah yang dilakukannya dengan memutus kontrak ratusan THL di DLHK Pekanbaru akan berdampak dengan semakin banyaknya pengangguran, Agus yang satu letting di Akabri dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jendral TNI, Andika Perkasa menyebutkan tidak semua THL di DLHK Pekanbaru diberhentikan.

"Saya pikir tidak semua yang diberhentikan ini menganggur. Mereka pasti punya pekerjaan lain. Ya, meskipun saya tidak memiliki data itu. Lagi pun yang di berhentikan hanya 318 dari 1.245 THL. Masih banyak yang bekerja di bagian penyapuan, kompos, ada di TPA, sopir, pengangkut sampah, ada di bank sampah, retribusi badan usaha," katanya lagi.

Terakhir, Agus yang juga pernah menjabat Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru menyampaikan permintaan maaf dan terimakasih kepada ratusan THL yang telah ia berhentikan.

"Sekali lagi saya nama Kepala Dinas DLHK Pekanbaru mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian yang sudah dilakukan untuk DLHK. Saya mohon maaf,"pungkasnya. (***)

Berita Lainnya

Index