Wako Tegaskan Distrubusi Vaksid Covid Sesuai Arahan Satgas Nasional

Wako Tegaskan Distrubusi Vaksid Covid Sesuai Arahan Satgas Nasional
Sekdako Pekanbaru, M Jamil MSi tengah mengunjungi ruang penyimpanan vaksin covid-19 Pekanbaru

PEKANBARU - Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT menegaskan jatah 5.600 vaksin covid-19 akan dikhususkan pertama kali bagi tenaga kesehatan (nakes) yang berjuang di garis depan dalam penanganan Covid-19. Hal ini sudah sesuai dengan petunjuk dan arahan buku saku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional.

Vaksinasi sendiri disampaikaikan Wali kota akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama terdapat sebanyak 2.700 nakes yang akan divaksin covid dan tahap kedua 2.900 nakes.

"Secara keseluruhan, jumlah nakes yang diusulkan menerima vaksin covid berjumlah 7.286 orang. Namun yang baru menerima vaksin sebanyak 5.600 orang, artinya masih ada kekurangan 1.686 orang lagi," katanya, pada Rabu (6/1/2021).

Dijelaskan Wali kota, vaksinasi memiliki beberapa tujuan. Pertama untuk menghentikan transimisi. Artinya, butuh cakupan yang luar biasa besar untuk mencapai kekebalan komunitas herd immunity.

Selanjutnya mdmproteksi kelompok paling berisiko agar angka kesakitan dan kematian juga menurun. "Jadi tidak berpretensi untuk menghentikan pandeminya tetapi lebih untuk melindungi orang-orang yang paling berisiko. Hal ini termasuk dokter, perawat dan tenaga medis," jelasnya.

Saat berita ini diturunkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah melakukan Rapat tindak lanjut Instruksi Gubernur Riau dan Pembentukan Tim Persiapan Penyelenggaraan Vaksinasi Covid 19 di Kota Pekanbaru. (***)

Berita Lainnya

Index