DLHK Klaim Mobilisasi Angkutan Sampah Capai 80 persen Dari Kondisi Normal

DLHK Klaim Mobilisasi Angkutan Sampah Capai 80 persen Dari Kondisi Normal
pengangkutan sampah oleh Pemko Pekanbary bekerjasama dengan BEM Unilak

PEKANBARU - Saat ini pengelolaan angkutan sampah diambil alih langsung oleh DLHK Pekanbaru yang dilakukan secara swakelola. Pengelolaan ini dilakukan hingga ditunjuk nya pemenang lelang pengelolaan angkutan sampah 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Agus Pramono, melalui Sekretaris Azhar mengatakan, karena saat ini masa transisi pasca kontrak pihak ketiga pengelola angkutan sampah berakhir pada akhir Desember 2020 kemarin. 

"Saat ini masih dalam lelang. Diperkirakan akhir Januari atau paling lambat awal Februari ini pemenang lelang sudah keluar," ujar Azhar, Senin (18/1/2021). 

Ia mengungkapkan, proses lelang untuk menunjuk pihak ketiga dalam pengelolaan angkutan sampah ini sudah berlangsung sejak Desember 2020.

Saat ini pengelolaan sampah dilakukan secara swakelola oleh DLHK yang dibantu OPD terkait lainnya. Kecamatan, kelurahan, organisasi masyarakat, hingga RT/RW turut membantu pengelolaan sampah ini. 

Sebanyak 43 armada angkutan sampah disiapkan DLHK dalam mengangkut sampah bagi seluruh wilayah di Pekanbaru. Pihaknya menyusuri ruas jalan protokol, hingga jalan lingkungan dalam pengangkutan sampah. 

"Kami juga bersyukur dan berterimakasih atas kepedulian dari OPD terkait, camat, lurah, ormas, instansi vertikal dalam pengelolaan sampah ini. Kondisi pengangkutan sampah ini sudah mulai berangsur normal, saat ini sekitar 80 persen dari kondisi semula," ungkapnya. 

Azhar meminta masyarakat agar dapat bersabar dalam kondisi ini, jelang pihak ketiga pemenang lelang pengelolaan angkutan sampah keluar. (***)

Berita Lainnya

Index