Industri UMKM Mulai Bergerak di Tebing Tinggi Okura, Pabrik Pupuk Sedang Dibangun

Industri UMKM Mulai Bergerak di Tebing Tinggi Okura, Pabrik Pupuk Sedang Dibangun
Foto Ilustrasi Pabrik Pupuk (int)

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru sedang membangun kawasan industri manufaktur dan kawasan industri UMKM yang dibatasi oleh Sungai Siak. Salah satu kawasan industri sudah mulai bergerak dengan dibangunnya pabrik pupuk di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur.

"Kami mempersiapkan kawasan industri untuk UMKM di Okura. Sekarang sudah mulai yang diawali dengan pembangunan pabrik pupuk," ujar Walikota Pekanbaru Firdaus, Sabtu (6/2). 

Konstruksi pabrik pupuk itu sudah dibangun. Pembangunan konstruksi pabrik tersebut menyerap tenaga kerja dari warga sekitar. 

Mereka sudah menerima tenaga kerja dari warga sekitar dalam pembangunan konstruksi. Kawasan industri UMKM ini bagian dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pekanbaru seluas 3.700 hektare. 

"Seluas 1.550 hektare masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Lahan seluas itu untuk pembangunan pabrik kelapa sawit di Kawasan Industri Tenayan (KIT)," sebut Firdaus. 

Pembangunan pabrik kelapa sawit itu membutuhkan modal hingga Rp30 triliun. Para investor sudah antre untuk pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit ini. 

"Ada satu kelompok yang dikoordinir oleh pemerintah pusat. Satu kelompok lainnya langsung dengan Pemko Pekanbaru. Satu kelompok lainnya di tingkat nasional," ungkap Firdaus. (***)

Berita Lainnya

Index