Menabung Minyak Bekas di Bank Jelantah Pekanbaru

Menabung Minyak Bekas di Bank Jelantah Pekanbaru
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru kembali menjalankan aktivitas menabung di Bank Sampah Kantor DLHK Kota Pekanbaru, Kamis (11/02).

PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru kembali menjalankan aktivitas menabung di Bank Sampah Kantor DLHK Kota Pekanbaru, Kamis (11/02).

Menabung sampah ini biasanya dilakukan setiap Kamis pagi. Akan tetapi kali ini tidak hanya sampah anorganik saja yang bisa ditabung, melainkan juga minyak jelantah. Hal ini terjadi berkat kerja sama DLHK Kota Pekanbaru dengan Bank Jelantah Pekanbaru yang menerima minyak goreng bekas. 

Kegiatan ini disambut baik oleh ASN dan THL DLHK Pekanbaru terbukti, dengan minyak yang ditabung mencapai 27 kg.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini karena selain dapat memanfaatkan kembali minyak jelantah yang sudah tidak terpakai, juga dapat mencegah pencemaran lingkungan oleh minyak jelantah. Kemudian minyak jelantah ini masih bisa ditempatkan lagi," ujar Kepala Seksi Pengurangan dan Pemanfaatan Sampah selaku penanggung jawab Bank Sampah DLHK Kota Pekanbaru, Wenny Arizona, Kamis (11/02).

Dikatakan Wenny, sebagai upaya menjaga lingkungan, DLHK Pekanbaru mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mencampakkan minyak jelantah sembarangan.

Sebagai informasi, minyak jelantah adalah minyak sisa-sisa dari penggorengan. Dilihat dari komposisi kimia, minyak jelantah mengandung senyawa-senyawa sifat karsinogenik, yang terjadi selama proses penggorengan. 

Penggunaan minyak jelantah dapat merusak kesehatan manusia, menimbulkan kanker. Oleh karena itu, kebanyakan masyarakat langsung mencampakkan minyak jelantahnya. 

Ryan, pihak Bank Jelantah Pekanbaru mengatakan minyak jelantah masih dapat dimanfaatkan kembali dan dapat mencemari lingkungan bila dibuang langsung begitu saja. Selain itu, bila meningkat lebih lanjut minyak jelantah dapat dijadikan alternatif bahan baku biodiesel.

"Minyak jelantah ini akan berhenti lagi dan diekspor ke luar negeri untuk dijadikan biodiesel," sebut Ryan.

Bagi yang ingin menabung minyak jelantah ke Bank Jelantah dapat melalui narahubung 0822-9835-4357 atau akun Instagram @ bankjelantah.pekanbaru. (***)

Berita Lainnya

Index