Ini Langkah Pemko Pekanbaru Antisipasi Karhutla

Ini Langkah Pemko Pekanbaru Antisipasi Karhutla
Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengikuti rapat koordinasi dan penetapan status 'Siaga Darurat' penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau Tahun 2021 Secara Virtual Bersama Gubernur Riau

PEKANBARU - Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengikuti rapat koordinasi dan penetapan status 'Siaga Darurat' penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau Tahun 2021 Secara Virtual Bersama Gubernur Riau, di lantai V Gedung Utama Komplek Perkantoran Tenayan Raya, pada Senin (15/2/2021).

Seusai Rapat, Wali kota menyebutkan telah ditetapkannya oleh Pemerintah Provinsi Riau bahwa Riau 'Siaga Darurat' Karhutla, tentu Pekanbaru juga harus bersiap. 

"Walau hutan di Pekanbaru sedikit, potensi kebakaran lahan tentu ada. Pasalnya 60 persen wilayah Pekanbru merupakan lahan gambut," kata Wali kota. 

Untuk itu, orang nomor satu di Pekanbaru ini, meminta para OPD tekhnis dan satker lainnya untuk siaga Karhutla di Pekanbaru. "Kita harus antisipasi karhutla ini, jangan sampai Pekanbaru menjadi kota penyuplai asap. Oleh sebab itu kita harus bekerja sama menanggulanginya secepat mungkin," imbau Wali kota. 

Ditempat yang sama, Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Chandra mengungkapkan pada bulan Februari ini, telah terjadi tujuh kali kebakaran lahan dengan luas lahan sekitar tiga hektare di Kota Pekanbaru. 

Untuk mencegah hal yang sama, pihak BPBD telah menyiagakan tim siaga karhutla. Selain itu, pihak BPBD telah berkoordinasi dengan TNI-Polri, Mandala Agni Daops Pekanbaru dan kelompok masyarakat peduli asap tingkat kelurahan. 

"Daerah rawan karhutla sudah di Petakan. Saat ini terdapat 6 Kecamatan Potensial di Pekanbaru yang rawan karhutla," katanya. 

Untuk penaganan dini karhutla tingkat Kelurahan, BPBD telah memberi pelatihan kepada beberapa kader di enam kelurahan Pekanbaru. Diantaranya, Kelurhan Tobek Godang,  Tenayan Industri, Bandar Raya, Tirta Siak, Palas dan Srimeranti.

"Namanya Kelurahan Tangguh Bencana. Para relawan yang telah kami latih. Insya Allah sudah siap melakukan evakuasi dini, apabila terjadi kebakaran lahan diwilayah mereka," tambah Zarman.

BPBD Pekanbaru sendiri menyediakan call center khusus untuk penanganan karhutla, yaitu 08117651464. "Call center ini fast respons untuk langkah cepat mrnanggulangi titip api yang terjadi di Pekanbaru," kata Zarman. (***)

Berita Lainnya

Index