Masuk Kategori Lanjut Usia, Wali kota Pekanbaru Terima Vaksin Covid-19

Masuk Kategori Lanjut Usia, Wali kota Pekanbaru Terima Vaksin Covid-19
Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT menerima vaksin Covid-19 dari Sinovac di Ruang Kerja Wali kota Lantai V Gedung Utama Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (16/2/2021).

PEKANBARU - Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT menerima vaksin Covid-19 untuk kelompok usia lanjut atau di atas 59 tahun.

 

Wali kota menerima vaksin Covid-19 dari Sinovac di Ruang Kerja Wali kota Lantai V Gedung Utama Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (16/2/2021).

 

Sebelum disuntik, Dr H Firdaus MT melewati pemeriksaan kesehatan terlebih dulu.

 

"Alhamdulillah, kita berterimakasih kepada Menkes melalui Satgas Pusat mengeluarkan regulasi bahwa vaksin sinovac bisa digunakan oleh usia lanjut (diatas 59 tahun,red)," kata Wali kota.

Sesuai ketentuan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok usia di atas 59 tahun dilakukan untuk menekan angka kematian dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi lansia.

 

Hal itu dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) secara resmi telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 dari Sinovac bagi kelompok usia lanjut di atas 60 tahun.

 

Pemerintah lalu memprioritaskan pemberian vaksin Covid-19 kepada tenaga medis dan lansia pada tahap pertama, lalu pelayan publik, dan masyarakat.

 

Selain Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT, vaksin kelompok usia lansia dosis pertama tersebut juga diberikan kepada 

Dandim 0301/Pekanbaru Kolonel Inf  Edi Budiman SIP MIP, Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan dan Kompol Lilik Surianto SST SH selaku Kabag Ops Polresta Pekanbaru.

Wali kota berharap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di daerahnya berjalan lancar. sehingga, kasus Covid-19 segera teratasi dan tidak ada lagi kasusnya di Kota Pekanbaru.

"Semoga Bangsa Indonesia dapat keluar dari krisis kesehatan dan krisis ekonomi. Masyarakat dan Pemerkntah harus bersinergi  memerangi covid -19. Ada dua strategi, pertama disiplin prokes dan kedua sukseskan vaksin," tegasnya.

Dua puluh menit setelah di vaksin, Wali kota merasa baik - baik saja. "Reaksinya belum terasa, kalau rasa disuntik, ya biasa, jarumnya lebih kecil dari pada pengambilan darah tadi," ungkapnya.


Ditempat yang sama, Dandim 0301/Pekanbaru Kolonel Inf  Edi Budiman SIP MIP juga meraskan hal yang sama dengan Wali kota Pekanbaru. Ia juga mengimbau semua pihak untuk menyukseskan vaksin ini.

"Harapan kami sama dengan Pak Wali kota tadi, sukseskan vaksin dan tetap jaga disiplin protokol kesehatan. Jadi 2021 ini kita juga bangkit bersama membangun Indonesia," ungkapnya. (***)

Berita Lainnya

Index