PPM Madani Berkonsep Petani Untung Masyarakat Beruntung

PPM Madani Berkonsep Petani Untung Masyarakat Beruntung
Kegiatan PPM di Halaman Kantor Disketapang Pekanbaru, pada Kamis (18/2/2021)

PEKANBARU - Dalam membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama para petani ditengah pandemi Covid-19, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Pekanbaru, diantaranya menggelar Pekan Pangan Madani (PPM) satu kali dalam seminggu, tepatnya pada hari Kamis.

PPM yang digelar di halaman kantor Disketapang Jalan Cut Nyak Dien adalah upaya Disketapang dalam memutus mata rantai distribusi hasil pertanian yang terlalu panjang, dan juga salah satu upaya dalam membantu memasarkan produk tani.

Ker Foto : Sejumlah Pejabat Struktural Pemko Pekanbaru ikut berbelanja pada saat kegiatan Pekan Pangan Madani

"Walaupun dengan keterbatasan anggaran, walaupun kondisi saat sekarang ini. Kita berharap program pemberdayaan apalagi di masa pandemi ini bisa meningkatkan ekonomi keluarga," terang Kepala Disketapang Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, Kamis (18/2/2021).

Alek menuturkan, tak dapat dipungkiri bahwa masih panjangnya mata rantai distribusi komoditas pertanian, belum dapat memberikan penghargaan yang memadai kepada para petani dan pelaku usaha pangan lainnya, begitu juga kepada masyarakat luas selaku konsumen. Sehinggan dibutuh lkan media yang strategis untuk mempertemukan langsung para pelaku pangan dengan konsumennya.

Ket Foto : Emak - emak Pekanbaru turut berbelanja , membeli sejumlah bahan pokok pada Pekan Pangan Madani

"Untuk itu Pekan Pangan Madani (PPM,red)  telah mulai dikenalkan pada awal Desember 2020 yang lalu, diharapkan dapat Membantu petani, dengan membuka akses pasar yang lebih luas. Caranya, dengan membawa langsung produk produk petani kepada masyarakat, sehingga petani bisa memperoleh keuntungan yang lebih baik dan masyarakatpun dapat menikmati harga yang lebih bersahabat. Intinya, petani untung, masyarakat beruntung," ucap Alek.

Ket Foto: Beberapa contoh hasil produksi petani lokal Pekanbaru dipasarkan di Pekan Pangan Madani

Gelar Pekan Pangan Madani yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid 19 ini juga sebagai salah satu bentuk pembelajaran untuk berjualan dan berbelanja dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol Kesehatan.

Ket foto: Emak - emak membeli langsung produksi petani lokal di Pekan Pangan Madani dengan harga lebih murah

"Disketapang Pekanbaru menyebutkan bahwa PPM telah bekerja sama dengan petani, kelompok wanita tani dan pelaku usaha pangan segar maupun olahan lainnya seperti sayur mayur, buah-buahan, bibit tanaman dan berbagai produk pangan olahan lainnya. Kedepannya Disketapang bertekad menghadirkan produk produk pertanian yang lebih beragam, bergizi seimbang dan aman untuk dikonsumsi," pungkasnya. (Advetorial)

Berita Lainnya

Index