Wali kota Bahas Strategi Penerimaan Pajak Tahun Ini dengan DJP Riau

Wali kota Bahas Strategi Penerimaan Pajak Tahun Ini dengan DJP Riau
Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT bertemu dengan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau Farid Bachtiar, Selasa (23/2/2021)

PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT bertemu dengan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau Farid Bachtiar, Selasa (23/2/2021). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut kerja sama pada tahun 2020 lalu.

"Kami berkomitmen bersama melakukan restrukturisasi wajib pajak di seluruh Indonesia, yang juga berdampak ke Riau. Kami berkomitmen untuk mendukung program wali kota dan pemerintah kabupaten kota lainnya di Riau untuk melakukan segmentasi wajib pajak, khususnya sawit," kata Farid. 

Perlu diketahui, sambungnya, komoditas sawit memberikan sumbangsih yang tidak sedikit bagi perekonomian Riau maupun Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pendapat pajak dari sawit dari Sumatera cukup tinggi. 

"Sumatera adalah penyelamat Indonesia. Hal ini berkat petani di perkebunan sawit," ucap Farid. 

Pendapatan pajak yang dihimpun DJP Riau atas seluruh dukungan wajib pajak. Sehingga, perolehan pajak di Riau mencapai 98,57 persen dari 4 Kantor Pajak Pratama (KPP) di atas 100 persen dari 8 KPP. 

Dalam kesempatan yang sama, Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengatakan, silaturahmi ini adalah wujud memberikan komitmen Pemko Pekanbaru kepada DJP Riau. Kunjungan ini juga sebagai dukungan dan apresiasi kepada Kakanwil DJP Riau dan jajarannya. 

"Pada capaian tahun lalu, target penerimaan pajak Riau menjadi kekuatan nasional. Pajak adalah kekuatan bagi kita untuk membangun," ujarnya.

Hasil diskusi tadi, hal yang dibicarakan adalah memberikan pelayanan masyarakat dengan dorongan agar usaha dan perekonomian dapat tumbuh dan berkembang. Pemko Pekanbaru memberikan insentif paja. Sedangkan Kanwil DJP Riau memberikan pembinaan kepasa wajib pajak yang bersinergi dengan Pemko Pekanbaru. 

"Di tengah pandemi ini, kami harus mampu menggerakkan perekonomian masyarakat, terutama dunia usaha.  Strategi secara teknis sudah kami bincangkan tadi. Kami harap, pencapaian pajak di KPP bisa 100 persen," harap Wali kota. (***)

Berita Lainnya

Index