ICMI Pekanbaru Gelar Rapat Kerja Perdana

ICMI Pekanbaru Gelar Rapat Kerja Perdana
Rapat Kerja Perdana Icmi Pekanbaru erlaksana pada Jumat (5/3/2021)

PEKANBARU - Setelah kepengurusan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) kota Pekanbaru periode 2019-2024 resmi dilantik beberapa bulan yang lalu, Rapat Kerja Perdana akhirnya dapat terlaksana pada Jumat (5/3/2021). Bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru, agenda rapat kerja dihadiri Pengurus inti ICMI antara lain, Prof. Dr. Iwantono, M.Phil (Ketua ICMI Pekanbaru), Dr. Eddy Asnawi, M.Hum (Wakil Ketua), Dr. Kuncoro Hadi, M.Sc (Sekretaris umum), Dewan Pakar, Ketua, Wabendum Alek Kurniawan MSi dan Anggota delapan divisi ICMI kota Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Iwantono, M.Phil menyampaikan bahwa program kerja yang dirancang oleh masing-masing divisi harus mengacu pada azas, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ICMI yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut, Ketua ICMI kota Pekanbaru berharap agar program kerja yang dirancang dapat dilaksanakan secara simultan oleh masing-masing divisi yang ada.

Setelah pelaksanaan rapat koordinasi, setiap perwakilan divisi memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan. Beberapa program penting yang dipaparkan antara lain telaah dan edukasi terhadap dampak terkikisnya pendidikan karakter selama program pembelajaran dari rumah saat COVID-19 pandemi,  pengembangan program pendampingan pengelolaan sampah menuju Green School, advokasi dan edukasi  terhadap akses lembaga keuangan bagi UMKM, revitalisasi remaja masjid dikota Pekanbaru, edukasi dan advokasi hukum masyarakat miskin kota Pekanbaru, pengembangan latihan kepemimpinan bagi calon cendikiawan (mahasiswa) islam, pengembangan bazaar seni pasca pandemi, dan webinar nasional persamaan gender dan perlindungan anak.

Pada kesempatan tersebut, Dewan Pakar ICMI kota Pekanbaru juga menyampaikan beberapa poin rekomendasi untuk Pemerintah Kota Pekanbaru. Rekomendasi tersebut berupa Akselerasi dan Pemulihan Paska COVID-19 pada empat aspek pokok yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Pada aspek ekonomi, Dewan Pakar merekomendasikan agar penggunaan bantuan dana yang digulirkan oleh pemerintah kota harus tepat sasaran.

Sedangkan pada aspek pendidikan, Dewan Pakar merekomendasikan agar pendidikan karakter dan pemantapan nilai keagamaan difokuskan pada masyarakat kurang mampu. Dewan Pakar juga mengharapkan agar terjadi adanya peningkatan kualitas pelayanan publik dan kesehatan pada masyarakat yang rentan terhadap berbagai penyakit.

Setelah seluruh pemaparan program kerja dan rekomendasi disampaikan, acara rapat kerja ICMI kota Pekanbaru ditutup oleh Muhammad Sahal, M.Si, selaku Sekretaris Umum ICMI Wilayah Propinsi Riau yang ikut meninjau pelaksanaan agenda tersebut. (***)

Berita Lainnya

Index