RAT KKMC TB 2020 Secara Online

Pemprov Apresiasi KKMC Masih Menjadi Terbaik di Riau

Pemprov Apresiasi KKMC Masih Menjadi Terbaik di Riau
RAT KKMC TB 2020 Secara Online

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Koperasi dan Perdagangan (Disperindag), mengapresiasi Pengurus Koperasi Karyawan Minyak Caltex (KKMC). Walaupun dimasa pandemi Covid-19, tetap berjalan sempurna bahkan tetap mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara online (daring). 

Kepala Disperindag Riau, Drs. Asrizal, M.Pd mengatakan, KKMC, menjadi salah satu koperasi terbaik di Riau. Penyelenggaraan RAT ini sebagai bentuk keseriusan Pengurus KKMC, bagi seluruh peserta KKMC, apalagi dimasa pandemi ini tidak banyak koperasi yang tumbuh. Akan tetapi Pengurus KKMC bisa memberikan SHU koperasi melebihi SHU 2019 dan diatas target 110% dengan nilai SHU setelah pajak berjumlah hampir 10  Milyar, Luar Biasa.

“RAT Koperasi ini adalah suatu kebanggaan bagi kita, karena sama-sama telah kita ketahui, Koperasi ini adalah sebagai pendongkrak Perekonomian yang berbasis kekeluargaan, dengan adanya Koperasi ini. Tujuannya untuk menumbuhkembangkan Pelaku UMKM terutama yang ada di Koperasi itu sendiri,” kata Asrizal. 

“Disaat Pandemi Covid - 19 ini usaha dari pelaku UMKM tidak tumbuh Signifikan dan ini juga berdampak kepada Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Riau maupun Kota pekanbaru. Maka dari itu kita harus bersinergi antara Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru untuk mewadahi para pelaku UMKM dan Anggota Koperasi di Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru,” ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM Kota Pekanbaru, Dr. H. Idrus, S.Ag, M.Ag, ia menilai KKMC dimasa pandemi covid-19 ini, masih bertahan dan sangat eksis. Tentunya ini adalah menjadi contoh bagi Koperasi lain bagaimana mempertahankan usaha-usaha Koperasi ditengah Pendemi dan mempertahankan program-program yang ada. 

“Dalam pandemi Covid-19 ini, sisa hasil usaha KKMC meningkat pesat, ini luar biasa. KKMC betul-betul paham dan betul-betul cermat bagaimana menghadapi situasi Pendemi Covid, disaat koperasi lain semuanya babak belur, alhamdulillah Koperasi KKMC masih bertahan dan sangat eksis,” katanya.,

Dijelaskan Idrus, KKMC menjadi contoh bagi Koperasi lain bagaimana mempertahankan usaha-usaha Koperasi ditengah Pendemi dan mempertahankan program-program yang ada. Dan pengurus KKMC untuk dapat membantu Pelaku UMKM yang ada di Kota Pekanbaru melalui Dana CSR nya, dan melakukan pembinaan terhadap Koperasi-koperasi yang ada di Kota Pekanbaru. 

Terpisah Ketua Umum KKMC, Aslan Wiguna memaparkan beberapa hal pokok, antara lain, kiat KKMC untuk tetap survive menghadapi pandemi Covid-19. Kesiapan KKMC Menghadapi pre dan pasca peralihan operator Blok Rokan, serta partisipasi dan kontribusi KKMC dalam memajukan Ekonomi Kerakyatan.

“Pasca peralihan Blok Rokan akan tetap exist, malah akan berpotensi semakin tumbuh dan maju. Jumlah Anggota berpotensi meningkat dengan terbukanya kesempatan bagi Anggota baru. KKMC kedepannya akan mampu berkembang lebih maju, dengan terus melakukan revitalisasi dan transformasi sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan,” ungkap Aslan. 

Selain itu, KKMC akan mewujudkan inisiatif dan capaian yang berkualitas, berintegitas dan cerdas. Serta terus juga melakukan continues improvement terhadap management organisasi KKMC agar era industry digital 4.0 bisa lebih dekat dengan KKMC. 

“Kita akan terus menjaga integritas dan soliditas agar dapat menghasilkan manfaat bagi Anggota dan Masyarakat,” katanya. 
 
Management CPI, Winu Adiarto, dalam sambutannya sangat mengapresiasi keberadaan KKMC. KKMC adalah salah satu legacy yang sangat berharga yang memiliki kekayaan Human Capital dan Organization Capability yang handal.

“Selain sebagai management CPI, saya adalah salah satu Anggota KKMC. Saya sangat bangga menjadi Anggota dan bahagian dari keluarga besar KKMC. Saya senang tadi dengan pidato Ketua Umum KKMC, dimana strategy KKMC sangat tepat dengan focus pada empat strategic objectives untuk menghadapi masa transisi alih kelola Rokan Block dan ini telah menjawab concern anggota dan arah orientasi KKMC kedepannya,” ujar Winu. 
 
Dijelaskannya, strategi KKMC kedepan untuk mengembangan kegiatan bidang usaha sebagai backbone dimasa depan, adalah merupakan strategy yang cerda. 

“Saya juga surprise dengan kinerja Pengurus dan capaian SHU yang exceed the target di tengah pandemi, dimana sebagian Koperasi dan lembaga keuangan lainnya mengalami kemunduran dan merugi,” tutupnya. 

Penyelenggaraan RAT KKMC Tahun Buku 2020 Via Zoom Meeting, dipimpin oleh Ketua Umum KKMC H. Aslan Wiguna SE, Ak, MM, CA, CFE, CIO dan dihadiri oleh Ketua Badan Pengawas Machsandra, SE, Para Pembina Ir. H. Sukamto, Denies Syahruddin SH, MH,. Manajemen PT CPI, Winu Adiarto dan Moderator Acara RAT Kurniawan SE AK, CA. Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian, Perdaganagn Koperasi dan UKM Provinsi Riau Asrizal, beserta jajaran serta Pendiri Koperasi dan ratusan Anggota dan Pengunjung. (***) 

Berita Lainnya

Index