Pemberlakuan Tilang ETLE Dimulai

Pemberlakuan Tilang ETLE Dimulai
Acara launching tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Pekanbaru, yang di taja oleh Polda Riau, pada Selasa (23/3/2021)

PEKANBARU - Wakil Wali kota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi menghadiri acara launching tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Pekanbaru, yang di taja oleh Polda Riau, pada Selasa (23/3/2021). 

Saat ini, sudah terdapat 4 kamera yang dipasang di ruas jalan yang ada di Kota Pekanbaru. Untuk di Kota Pekanbaru, tilang ETLE telah dipasang di lampu merah Tugu Zapin, lampu merah Jalan Imam Munandar simpang Jalan Sudirman tepatnya di depan Alpha Hotel, lampu merah SKA dan Living World, dan lampu merah Tabek Gadang.

Kerja tilang ETLE sendiri yaitu menangkap gambar para pengendara kendaraan. Berdasarkan rekaman gambar itu, petugas nanti akan menentukan jenis pelanggaran kendaraan.

Selanjutnya petugas akan mengirimkan data pelanggaran beserta biaya denda pelanggar ke alamat pelanggar beserta hasil rekaman gambar yang ditangkap oleh kamera ETLE, sehingga pelanggar tidak bisa mengelak.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, penyelenggaran tilang ETLE ini untuk mengurangi interaksi petugas dan pelanggar.

"Karena kita tahu, apabila pelanggar di-stop di jalanan, itu akan mengganggu kenyamanan berkendara pengendara yang lainnya. Dengan pola tilang ETLE ini bisa diharapkan lebih baik," ujar Agung, Selasa (23/3/2021).

Lanjutnya, saat ini tilang ETLE masih diberlakukan di Kota Pekanbaru dan baru memasang 4 kamera di ruas jalan Kota Pekanbaru.

"Ini nanti kan kita kembangkan lagi tilang ETLE, jadi tidak hanya di Pekanbaru saja, tetapi akan ada juga di kota dan kabupaten lainnya. Kita juga sudah menginventarisir rencana penambahan tilang ETLE di daerah Riau," katanya. 

Sementara itu Pemko Pekanbaru, yang diwakili oleh Wawako Ayat Cahyadi SSi mendung penerapan tilang ETLE tersebut.  "Tentu hal ini memiliki kesinambungan dengan program samrtcity Kota Pekanbaru. Kota yang cerdas tentu masyarakatnya harus disiplin juga. Kami mewakili Pemko Pekanbaru tentu suport penerapan tilang ETLE ini," kata Ayat.

Berita Lainnya

Index