Tim TP2D Dikukuhkan, Wali kota sebut Digitalisasi Diutamakan di Bidang Pelayanan

Tim TP2D Dikukuhkan, Wali kota sebut Digitalisasi Diutamakan di Bidang Pelayanan
Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Riau, Kabupaten Kampar, dan Kota Pekanbaru resmi dikukuhkan di Balai Serindit Gedung Daerah, Rabu (31/3/2021)

PEKANBARU - Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Riau, Kabupaten Kampar, dan Kota Pekanbaru resmi dikukuhkan di Balai Serindit Gedung Daerah, Rabu (31/3/2021). Dengan pengukuhan TP2DD ini, maka penerapan digitalisasi di pemerintahan segera dimulai. 

"Tim TP2D resmi dibentuk. Setelah ini, kami akan melakukan rapat dan menyusun rencana aksi," kata Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT usai acara.

Wali kota Pekanbaru yang bergelar Datuk Bandar Setia Amanah ini, mencontohkan, penerapan digitalisasi ini diutamakan di bidang pelayanan seperti Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Intinya, penerapan digitalisasi ini berkaitan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di bidang pelayanan. 

Sebenarnya, tanda tangan digital sudah dipraktikkan di jajaran kepala OPD. Sedangkan, tanda tangan digital antar kepala daerah akan mengarah ke sana.

Kesempatan yang sama, Gubernur Riau Syamsuar MSi mengatakan, tim TP2DD Provinsi Riau, Kabupaten Kampar, dan Kota Pekanbaru telah dikukuhkan hari ini. Kehadiran TP2DD ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"TP2DD harus terbentuk sebelum Maret 2022. TP2DD Provinsi Riau dipimpin Gubernur Riau. Sedangkan TP2DD kabupaten dan kota dipimpin oleh kepala daerah masing-masing," ujarnya. 

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Decymus mengatakan, cara peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) adalah denhan melakukan elektronifikasi. Proses elektronifikasi transkasi pemerintah daerah di Riau terus mengalami peningkatan.

"TP2DD merupakan forum koordinasi dan harmonisasi para kepala daerah dalam proses digitalisasi PAD," ujarnya.

Berita Lainnya

Index